Anak Mam Hiperaktif? Atasi Stres dengan Cara Berikut

Memiliki buah hati yang aktif adalah keinginan setiap orang tua. Namun, jika mereka terlalu aktif, justru kita sebagai orang tua yang akan kewalahan karena harus mengawasinya ke sana ke mari. Hal tersebut tentu saja membuat Mam kelelahan, bukan? Rasa lelah yang jika dibiarkan terus-menerus bisa berkembang menjadi stres lho, Mam! Nah, untuk mengatasinya, ada baiknya Mam melakukan cara-cara berikut.

Tarik Napas Panjang

Mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh bisa membuat otot-otot tubuh serta otak segar kembali. Rilekskan otak dengan cara bernapas panjang. Untuk hal ini, yang perlu Mam lakukan adalah dengan meletakkan tangan di depan perut tepat di bawah tulang rusuk. Duduk bersila lalu mulai tarik napas dalam-dalam. Keluarkan secara perlahan. Lakukan hal ini secara berulang-ulang. Ingat ya Mam, tidak perlu tergesa-gesa melakukannya. Agar Mam bisa lebih berkonsentrasi, lakukan ketiak Si kecil sudah tidur sehingga Mam tidak akan terganggu oleh siapa pun.

Relaksasi

Selain menarik napas panjang, melakukan relaksasi sederhana juga bisa Mam lakukan. Olahraga ringan bisa memicu produksi hormon tertentu pada tubuh yang berfungsi merangsang rasa gembira. Mam bisa melakukan relaksasi ini dengan cara berdiri meluruskan kaki dengan tangan lurus rapat ke atas. Rasakan seluruh otot yang tertarik kemudian coba bernapas pelan-pelan.

Setelah itu bungkukkan badan hingga telapak tangan menyentuh lantai dan rasakan sensasi otot punggung yang tertarik kuat. Ulangi selama berkali-kali hingga rasa pegal hilang perlahan. Rasa pegal karena mengikuti Si kecil yang hiperaktif juga bisa menjadi penyebab stres yang Mam alami.

Melakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Melakukan aktivitas yang Mam sukai juga bisa mengalihkan diri dari ras stres, lho! Misalnya jika Mam suka membaca, bacalah buku atau novel terbaru ciptaan pengarang favorit Mam. Jika Mam suka menyulam, maka sisihkan waktu untuk hal ini. Cara lainnya yaitu dengan menuangkan kreasi yang ingin Mam lakukan selama ini. misalnya mewarna kuku dengan motif tertentu.

Berendam dengan Aromaterapi

Cara terakhir yang bisa Mam lakukan untuk menghilangkan stres adalah dengan berendam di dalam air hangat. Jika perlu, tambahkan aroma terapi atau cairan wewangian khusus dengan aroma herbal yang menenangkan. Dengan berendam Mam bisa melepaskan segala pikiran yang membebani benak Mam. Lakukan ketika di malam hari saat sunyi jadi Mam tidak terganggu dengan suara apapun.

Istirahat

Cara paling mudah yang bisa Mam lakukan adalah tidur. Pastikan Mam mendapatkan waktu tidur yang berkualitas agar bisa tidur nyenyak. Tidurlah minimal 8 jam sehari jika memungkinkan. Kualitas tidur mampu mempengaruhi tingkat stres yang Mam alami. Jangan sepelekan efek kurang tidur ya, Mam. kurang tidur dapat membuat tubuh kelelahan. Sebaliknya, bangun tidur di pagi hari akan membuat pikiran Mam segar kembali dan tubuh terasa lebih berenergi untuk memulai aktivitas.

Mam, merawat Si Kecil memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang tua. Namun, Mam juga perlu memperhatikan kesehatan diri Mam sendiri. Jangan sampai Mam stres dan jatuh sakit. Jika Mam jatuh sakit, maka seluruh anggota keluarga juga akan terkena imbasnya. Yuk, jaga diri dari stres mulai dari sekarang!

Baca juga: 

Mengapa Kita Harus Selalu Bersyukur?

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :