Atur Jam Makan untuk Menurunkan Berat Badan

Apakah diet belum berhasil menurunkan berat badan Mam? Mulai sekarang mungkin Mam harus mengatur jam makan agar berat badan menjadi lebih ideal. Cara ini terbilang cukup mudah dan sama sekali tidak menyiksa Mam yang ingin tampil sehat dan langsing. Penasaran seperti apa? Cari tahu di sini.

Pukul 06.30 – Minum Air Putih

Menurunkan berat badan secara efektif dapat dimulai dengan minum segelas air putih pada pukul 06.30. Hal ini dianjurkan para ahli karena hidrasi tubuh yang baik dapat membantu menangkal penyakit sendi kronis dan beberapa jenis kanker. Selain itu, minum air putih di pagi hari juga akan membuat tubuh lebih segar dan siap menjalankan aktivitas.

Pukul 07.10 – Sarapan Pagi

Meskipun sedang dalam proses menurunkan berat badan, sebaiknya Mam tidak meninggalkan sarapan pagi. Pasalnya, Mam butuh asupan yang cukup agar memiliki energi untuk beraktivitas. Pusat Ilmu Kesehatan A & M Texas juga mengatakan bahwa ini adalah waktu terbaik untuk makan makanan berlemak tinggi seperti daging dan telur. Pembakaran lemak di pagi hari akan berjalan sangat baik karena di saat inilah Mam membutuhkan kalori dalam jumlah yang paling banyak.

Pukul 10.00 – Coffee Break

Penelitian menunjukkan minum kopi atau teh di pagi hari dapat meningkatkan toleransi tubuh terhadap kafein karena menggantikan dorongan alami akibat kortisol yang harus Mam dapatkan. Jadi, hindari minum kopi atau teh saat sarapan pagi karena waktu terbaik untuk minum kopi atau teh adalah sekitar pukul 10.00.

Pukul 11.00 – Snacking Time

Siapa bilang Mam tidak bisa ngemil? Menurunkan berat badan bukan berarti Mam menyiksa diri tanpa camilan. Bahkan dokter menyarankan untuk memilih camilan keju karena kaya akan kalsium dan protein tinggi. Kedua zat itulah yang juga membuat Mam lebih merasa puas daripada saat mengonsumsi karbohidrat atau lemak.

Pukul 11.30 – Fruit Time

Nah, selain waktu ngemil, ternyata Mam juga bisa mengatur jam makan buah untuk menurunkan berat badan. Buah-buahan akan meningkatkan tingkat energi lebih dari sekedar permen serta mengandung gula alami. Pastikan Mam memilih buah dengan kadar vitamin yang cukup tinggi untuk pemenuhan asupan gizi bagi tubuh.

Pukul 12.30 – Makan Siang

Semakin awal Mam makan siang, maka akan semakin baik. Hal ini berarti Mam cenderung tidak mengurangi konsumsi makanan sehat. Ingat bahwa meskipun sedang dalam usaha untuk menurunkan berat badan, jangan biarkan perut kosong terlalu lama.

Pukul 14.00 – Ganti Camilan dengan Buah Pisang

Sudah bukan rahasia lagi kalau sekitar pukul 14.00-15.00 Mam akan terasa lapar lagi. Hal ini tentu saja normal. Untuk menyiasati hal tersebut, sebaiknya mengganti camilan dari makanan ringkan dengan buah pisang. Pasalnya, buah ini menawarkan jumlah kalori yang cukup untuk energi Mam melewati siang hari.

Pukul 18.15 – Makan Malam

Penelitian menunjukkan makan malam harus dimakan sebelum jam 19.00 untuk mencegah masalah jantung. Peneliti Turki menilai lebih dari 700 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi akibat makan malam dalam waktu dua jam sebelum tidur, sehingga meningkatkan risiko jantung lebih tinggi. Para ahli merekomendasikan makanan terakhir yang dikonsumsi harus ringan dan paling lambat dimakan pada pukul 19.00.

Wah, ternyata mengatur jam makan tidaklah sulit. Mulai sekarang Mam bisa menurunkan berat badan lebih mudah tanpa menyiksa diri. Beauty is pain, but you don’t have to do self-torture. Selamat mencoba!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :