Bosan Punya Perut Gendut? Coba Cara Ini

Mam, memiliki perut gendut atau buncit memang sangat menyebalkan sekaligus membahayakan. Dikutip dari Alodokter, lemak visceral yang tertumpuk dalam tubuh akan mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Senyawa ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung , peningkatan produksi kolestrol buruk, dan meningkatkan risiko diabetes.

Perut gendut atau buncit pada dasarnya disebabkan oleh kurangnya olahraga padahal asupan makan berlebihan. Oleh sebab itu, berikut beberapa cara yang bisa Mam lakukan supaya perut gendut Mam dapat kembali rata:

Atur pola makan hidup sehat

Hal pertama yang harus Mam lakukan adalah dengan memperbaiki pola makan dan hidup sehat, salah satunya dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung gluten selama seminggu. Natasha Turner, seorang dokter naturopathic yang juga menulis buku The Hormone Diet, juga menyarankan untuk mengonsumsi camilan sehat yang mengandung protein (seperti sepotong keju rendah lemak atau kacang almond) diantara pukul tiga atau empat sore. Camilan sehat tersebut penting karena dapat meningkatkan metabolisme dan menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Mam juga sebaiknya mengonsumsi makanan berat setiap tiga atau empat jam sekali.

Minum air putih

Mam, manusia setidaknya harus meminum 6-8 gelas air putih per harinya lho! Air putih berguna untuk melancarkan metabolisme sehingga nutrisi makanan yang dikonsumsi tubuh dapat menyebar secara merata. Selain itu, air putih juga dapat memberikan efek kenyang sesaat sehingga Mam tidak lagi terus-terusan menambah porsi makan.

Mengunyah sampai halus

Salah satu cara makan yang benar namun sering dilupakan adalah mengunyah. Banyak orang mengira bahwa mereka hanya perlu mengunyah makanan beberapa kali saja kemudian langsung menelannya. Padahal, mengunyah makanan sampai halus dapat melancarkan pencernaan dan mencegah kembung karena makanan yang telah tercerna dengan baik memiliki lebih sedikit gas.

Berolahraga

Olahraga yang bertujuan untuk mengecilkan perut memiliki bermacam-macam jenis, beberapa diantaranya adalah:

  1. Hip dip plank

Plank adalah olahraga dasar yang bisa Mam lakukan dimanapun, kapanpun, serta tidak membutuhkan banyak ruang dan alat-alat khusus. Berlatih plank dapat membantu membakar kalori lebih banyak ketimbang melakukan sit-up atau crunch. Plank juga membantu memperkuat dan menstabilkan otot inti, mengencangkan otot utama di kaki, lengan paha, dan bokong. Plank umum dapat dilakukan dengan mengatur tubuh Mam sehingga menyerupai posisi push up. Namun, tumpuan berat tubuh ditanggung di lengan, siku, dan kaki. Posisi lengan harus di bawah bahu, sementara posisi pantat harus datar dan tidak boleh menungging. Selain plank umum, Mam bisa memvariasikan posisi plank dengan cara menarik lutut kanan atau kiri menuju dada. Selain itu, Mam juga bisa memutar pinggang sehingga sisi luar pinggul kanan dan paha menghadap ke tanah. Kemudian turunkan tubuh sampai Mamduduk di pinggul kanan. Angkat kembali badan ke posisi semula, lalu angkat sedikit kaki kanan. Lakukan plank variasi ini sebanyak 30- 40 repetisi. Ulangi di sisi lainnya. Oiya, Mam. Jangan lupa untuk melapisi lantai dengan matras terlebih dahulu supaya tidak licin ya!

  1. Ball exchange

Untuk membakar lemak dalam tubuh, salah satu variasi olahraga yang bisa Mam lakukan adalah dengan menggunakan bola. Caranya, ambil sebuah bola berukuran cukup besar (sebaiknya gunakan bola karet supaya ringan), kemudian baringkan tubuh Mam. Luruskan lengan dan peganglah bola di atas kepala. Jika Mam sudah bisa menjaga kestabilan bola, pindahkan bola ke sela-sela kedua kaki seperti sedang sit up. Kemudian, pindahkan lagi bola tersebut ke lengan Mam. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10-12 kali, usahakan menjaga posisi punggung untuk tetap menyentuh lantai saat melakukan ball exchange. Untuk hasil terbaik, lakukan olahraga ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.

  1. Diagonal pike legs

Secara umum, pike legs adalah posisi duduk tegak atau berbaring dengan menyelonjorkan kedua kaki secara berhimpitan kemudian mengangkatnya. Namun untuk diagonal pike legs, Mam harus membaringkan tubuh dan memutar pinggul ke sisi kiri sehingga kaki pun ikut menghadap ke kiri. Kemudian, rentangkan lengan kanan dan posisikan lengan kiri di belakang kepala. Setelah itu, angkat punggung bagian atas (crunch up)dan kaki, lalu rebahkan lagi tubuh secara perlahan. Ulangi gerakan ini sebanyak 30-40 kali dan lakukan pada sisi lainnya (memutar pinggul ke kanan).

  1. Weighted pike

Posisi awal weighted pike adalah tubuh yang terbaring dengan lengan kanan berada di belakang kepala dan lengan kiri memegang beban seberat 3 kg. Setelah itu, tekuk kedua kaki sampai 90° sambil Mam mengangkat punggung bagian atas dan menangkat beban tadi mendekati telapak kaki. Ulangi gerakan ini sebanyak  30-40 kali dan lakukan pada sisi lengan lainnya.

  1. Inner thigh crunch lift

Untuk melakukan gerakan ini, Mam harus membaringkan tubuh Mam di atas matras dengan kaki terbuka lebar (jari kaki menghadap ke atas) dan kedua tangan di belakang kepala. Setelah itu, angkat kaki kanan dan putar posisi telapak kaki ke kanan (kaki menghadap ke kanan). Tahan beberapa saat, lalu kembalikan kaki pada posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak  30-40 kali dan lakukan pada sisi lainnya (kaki sebelah kiri).

Meratakan kembali perut yang buncit memang bukan hal yang mudah, tetapi hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil. Lakukan cara-cara diatas secara konsiten dan nantikan hasilnya ya, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :