Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Coba Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur

Menurut beberapa penelitian, kekurangan tidur bisa sangat mengganggu kesehatan tubuh seseorang. Banyak fakta yang mengatakan kalau kekurangan tidur bisa mengganggu daya berpikir dan juga memproses informasi. Lebih parah lagi, jika dibiarkan terus menerus dalam jangka panjang, kekurangan tidur pun bisa dikaitkan dengan meningkatnya risiko serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Nah, Mam, apakah Anda salah satu orang yang kerap kesulitan untuk tidur? Coba lakukan beberapa hal di bawah ini agar tidur Anda lebih cepat dan nyenyak.

Gunakan Minyak Esensial yang Menenangkan

Mam, tahukah Anda kalau salah satu penyebab sulitnya tidur adalah stress dan terlalu banyak pikiran? Daripada Anda terus-terusan kesulitan tidur, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan wewangian atau minyak esensial. Penciuman merupakan salah satu indra yang paling kuat, sehingga memasukan wewangian ke dalam ritual malam hari sangatlah sempurna. Anda bisa mencampurkan beberapa wewangian lavender, bergamot atau lemon balm yang bisa mengirimkan sinyal ke tubuh Anda untuk segera tidur.

Tambahkan Bubuk Magnesium ke dalam Minuman Sebelum Anda Tidur

Khusus untuk Anda yang ingin mendapatkan ketenangan secara instan melalui satu gelas minuman. Anda bisa mencampur bubuk magnesium yang cocok untuk dikonsumsi ke semua jenis minuman hangat atau dingin untuk mendapatkan ritual malam sebelum tidur yang menenangkan. Tubuh membutuhkan magnesium yang cukup agar bisa sepenuhnya rileks dan bubuk magnesium juga menjadi cara terbaik dan paling cepat untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Jauhkan Dari Paparan Sinar Biru

Mengutip halaman mindbodygreen.com, sebuah penelitian menunjukkan kalau paparan sinar biru atau dikenal dengan cahaya dari ponsel atau laptop di malam hari bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Mengapa? Karena sinar biru tersebut akan mengirimkan sinyal ke otak Anda kalau saat itu masih siang hari. Tidak hanya itu, paparan sinar biru ini juga dapat mengganggu siklus melatonin dan kortisol Anda sehingga bisa membuat waktu tidur Anda terbalik.

Cobalah untuk mematikan semua lampu termasuk barang-barang elektronik Anda sejak dua jam sebelum Anda tertidur. Hal tersebut akan sangat membantu Anda untuk beristirahat lebih cepat dan juga nyenyak.

Manjakan Diri dengan Mandi Garam Epsom

Jika pada poin sebelumnya dikatakan konsumsi magnesium bisa membantu Anda meringankan stress, sakit kepala, dan juga kelelahan, mengapa tidak mencoba untuk memanjakan diri Anda dengan mandi menggunakan magnesium salt bath untuk rutinitas mingguan Anda? Beberapa penelitian juga sudah mengatakan kalau nyatanya tubuh manusia bisa juga menyerap mineral melalui kulit. Sehingga memutuskan untuk memanjakan diri dengan mandi garam Epsom sama sekali tidak salah dan bisa memberikan efek relaksasi secara menyeluruh.

Menuliskan Sesuatu ke Dalam Jurnal

Mam, jika Anda sedang malas melakukan hal di atas mungkin cara yang satu ini bisa dijadikan sebagai alternatif. Ambillah buku jurnal Anda dan tulislah sesuatu ke dalamnya!  Anda tidak perlu menuliskan hal-hal yang rumit ataupun berat, sebelum tidur cobalah untuk menyediakan waktu selama 15 menit untuk menulis apa saja yang Anda syukuri, apa saja yang sudah Anda lakukan hari ini, dan atau sekedar menuliskan daftar tugas apa saja yang akan dilakukan esok hari.

Mam, percayalah hanya dengan menulis suasana hati Anda akan lebih tenang dan juga memiliki pikiran yang jernih. Setelah mendapatkan kepala yang jernih, akhirnya Anda pun bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :