Kenapa Olahraga Lari Penting untuk Mam

Masing-masing jenis olahraga memberikan manfaat yang berbeda-beda, tetapi tujuannya tetap sama yakni membuat tubuh lebih sehat. Salah satu olahraga yang cukup sederhana untuk dilakukan adalah lari. Untuk bisa melakukan olahraga ini, Mam tidak perlu pergi ke gym atau memiliki alat khusus, tapi manfaat yang akan Mam dapatkan juga cukup mengagumkan. Berikut beberapa di antaranya.

Mengurangi Nyeri Pada Saat Menstruasi

Berlari mampu meningkatkan stimulasi pelepasan hormon endorfin dalam tubuh. hormon endorfin ini berperan untuk memberikan perasaan bahagia pada Mam. Pada saat menstruasi, aktivitas di area perut bagian bawah serta ketidakseimbangan hormon akan memicu rasa nyeri dan stres. Dengan adanya hormon endorfin ini, Mam akan merasa lebih bahagia dan melupakan rasa nyeri tersebut.

Melancarkan Metabolisme untuk Membakar Kalori

Jika selama ini berat badan berlebih cukup menjadi hal yang mengganggu bagi Mam, hal itu bisa dikurangi sedikit demi sedikit dengan berlari. Berlari akan membuat Mam berkeringat karena aktivitas pembakaran kalori yang dilakukan oleh tubuh. selain sehat, berlari secara teratur juga akan membuat tubuh lebih langsing.

Mengurangi Mual Saat Hamil Muda

Berlari ringan masih relatif aman jika diakukan ketika usia kehamilan masin berada di trimester pertama. Bahkan, bisa mengurangi gejala-gejala seperti mual, susah tidur, dan gelisah. Selain itu, berlari kecil bisa menurunkan risiko komplikasi kehamilan. Tapi ingat ya Mam, hanya di trimester pertama, ya. Selain itu, varises dan kram kaki bisa Mam hindari jika rutin melakukan olahraga yang satu ini. Setelah kehamilan menginjak usia trimester kedua, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter olahraga apa yang tepat dilakukan.

Membuka Cakrawala Baru

Berlari akan memberikan suasana baru pada Mam. Bisa jadi selama ini karena kesibukan Mam, Mam kurang akrab dengan kondisi lingkungan sekitar. Dengan berlari mengelilingi komplek perumahan, Mam bisa melihat tempat-tempat indah yang selama ini mungkin luput dari pandangan Mam. selain itu juga Mam bisa menyapa dan bertegur sapa dengan tetangga. Inilah kenapa berlari bisa membuka pikiran Mam dan membuatnya lebih segar.

Kaki Lebih Kuat

Salah satu manfaat lari yang utama adalah menguatkan otot dan tulang kaki. Asal Mam melakukannya dengan tepat, tidak berlebihan. Terutama tulang lutut, ia akan menjadi terbiasa menumpu. Seiring bertambahnya usia, kondisi fisik kita akan melemah begitu juga dengan tulang yang akan mulai mengeropos. Dengan berlari secara teratur, hal tersebut bisa diperlambat. Tentu saja bukan hanya kaki, tapi juga punggung dan bagian tubuh lainnya.

Jika Mam adalah ibu rumah tangga sekaligus wanita karier yang sibuk, olahraga lari bisa dilakukan selama akhir pekan. Nyalakan alarm lebih pagi baru setelah lari, Mam bisa memulai aktivitas seperti biasa dengan menyiapkan sarapan untuk keluarga dan sebagainya. Pastikan Mam mempunyai sepatu khusus yang bisa membuat Mam berlari dengan nyaman.

 

Baca Juga: 

Mengajari Etika Makan Pada Anak

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :