Manfaat dan Gerakan Pendinginan Setelah Olahraga yang Bisa Mam Lakukan

Mam, Anda tentu sudah tahu kalau sebelum melakukan olahraga sangat disarankan untuk melakukan peregangan atau pemanasan terlebih dahulu agar terhindar dari cedera, kram, dan juga hal yang kurang menyenangkan terjadi. Tapi, tahukah Anda meskipun sudah melakukan pemanasan sebelum olahraga, ketika selesai olahraga pun penting dilakukannya pendinginan atau peregangan otot kembali setelah olahraga. Mengapa? Berikut penjelasannya.

Pendinginan Memberikan Manfaat Fisiologis

Setelah Mam melakukan olahraga, maka asam laktat dalam tubuh Anda pun terbentuk. Dalam keadaan inilah yang memberikan efek otot terasa pegal dan juga lelah. Pendinginan setelah olahraga itu penting dilakukan karena memang dapat membantu mengurangi kelelahan otot Anda. Peregangan juga dapat membantu tubuh Anda untuk mempercepat pemulihan otot, apalagi setelah melakukan olahraga yang berat.

Pendinginan Memberikan Manfaat Psikologis

Tidak hanya bermanfaat secara fisik, tetapi peregangan setelah olahraga ini juga memiliki manfaat yang baik pula untuk kesehatan psikis Anda. Ketika Mam melakukan peregangan maka pikiran Anda secara otomatis akan lebih mengerti dan memahami apa yang dirasakan oleh tubuh. Saat melakukan pendinginan ini, And apun bisa menilai lebih dalam setiap rasa yang Anda rasakan, baik itu rasa kurang nyaman atau nyeri pada bagian tertentu tubuh Anda. Koneksi antara pikiran dan fisik Anda ini pula yang dapat memberikan efek relaksasi dan menghilangkan stress.

Ada beberapa gerakan pendinginan yang bisa Anda lakukan setelah olahraga, antara lain:

Toe Reach

 Lebih dikenal dengan istilah mencium lutut. Cara melakukannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu duduk di lantai atau matras, luruskan kedua kaki Anda ke depan sambil menegakkan tubuh Anda. Lalu, gunakan pinggul Anda untuk menurunkan tubuh ke depan sejauh dan sebisa Anda. Luruskan tangan dan sentuhlah jari-jari kaki Anda. Tahan gerakan selama 10-30 detik.

Shoulder Stretch

Agar dada dan bahu Anda terasa lebih rileks, tariklah lengan kanan Anda secara menyilang melewati daa sampai Anda merasakan tarikan yang cukup nyaman, lalu tahan selama 30-45 detik dan lakukan hal yang sama dengan lengan kiri Anda.

Back Stretch

Berdiri tegak, bawa kedua tangan Anda ke belakang dan kaitkan jemari kedua tangan di belakang punggung Anda bagian bawah. Dorong ke belakangan dengan telapak tangan menghadap ke dalam dan tahan. Tahan selama 10-30 detik.

Sky Stretch

Gerakan satu ini memang sudah sering dilakukan baik ketika pemanasan dan juga pendinginan. Caranya mudah, Anda hanya perlu berdiri dengan kedua kaki dan angkat kedua lengan Anda ke atas setinggi yang Mam bisa. Tahan posisi tersebut selama 10-15 detik dan ulangin 2-3 kali.

Nah, Mam, Itulah beberapa penjelasan dan juga gerakan pendinginan yang bisa Anda lakukan setelah olahraga. Masih ragu untuk melakukan peregangan kembali setelah berolahraga?

 

Baca juga:

Cara Melatih Batita Lancar Bicara

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :