Pertama Kali Ikut Yoga? Coba Simak Hal Penting Ini

Mam, pernah dengar olahraga yoga? Yoga adalah serangkaian peregangan dan pose yang dilakukan dengan teknik pernapasan, sebuah disiplin ilmu yang sudah dipraktekan di India sejak 5000 tahun yang lalu. Yoga dipercaya dapat memberikan banyak manfaat, seperti mengurangi stress, meningkatkan kebugaran, membantu masalah kesehatan, sakit punggung, mengurangi masalah asma, bahkan merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan hangover (efek setelah mabuk).

Pose-pose dalam yoga juga termasuk gentle dan beragam, membuat siapapun di usia berapapun boleh melakukan olahraga ini. Tipe-tipe yoga yang paling terkenal adalah hatha yoga, iyengar yoga, ashtanga yoga, bikram yoga, restorative yoga, dan kripalu yoga. Beberapa gaya yoga ada yang membutuhkan banyak tenaga, tetapi ada pula yang rileks dan meditatif. Apapun tipe yang Mam pilih, yoga adalah cara yang bagus untuk meregangkan dan memperkuat tubuh, memfokuskan pikiran, dan merilekskan semangat Anda.

Nah, kika Mam tertarik untuk melakukan yoga untuk pertama kalinya, berikut empat hal penting yang harus Mam ketahui terlebih dahulu:

  1. Mengenakan pakaian olahraga yang nyaman

Tidak seperti jogging atau bermain bulutangkis, olahraga yoga mengharuskan Mam untuk tidak mengenakan alas kaki saat melakukannya. Mam juga akan banyak melakukan gerakan peregangan dan gerakan-gerakan lainnya. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus Mam siapkan sebelum berolahraga adalah menyiapkan pakain olahraga yang nyaman.

Jika Mam memilih tipe yoga yang rileks dan santai, Mam bisa mengenakan sweat pants atau baju olahraga lengan panjang. Lain halnya jika Mam memilih tipe yoga yang bergerak lebih banyak, Mam sebaiknya mengenakan celana pendek dan kaos atau tank top.

  1. Jangan pergi yoga dengan perut penuh

Pergi berolahraga yoga tepat setelah waktu makan hanya akan membuat latihan Anda tidak berjalan efektif. Saat melakukan yoga, tubuh Mam akan dipuntir dan dipilin, oleh sebab itu perut tidak boleh berisi sesuatu yang berat. Dikutip dari PopSugar, guru Yoga Kristin McGee menyarankan untuk makan satu jam sebelum latihan. Tetapi jika Anda tidak mampu dan merasa sangat lapar, McGee kembali menyarankan untuk mengonsumsi pisang pisang tidak kurang dari 20 menit sebelum kelas.

  1. Melepaskan ketegangan

Melakukan sesuatu untuk pertama kalinya memang tidak mudah, begitu pula dengan yoga. Untuk meredakan ketegangan yang Mam rasakan, cobalah untuk melemaskan jari-jari tangan dan kaki dengan sedikit berjalan-jalan kecil sambil menggoyangkan jari-jari tersebut. Atau apabila Mam memiliki cara lain tersendiri, cobalah lakukan itu. Melepaskan ketegangan sebelum mulai beryoga akan membuat Mam lebih mudah berpose dan menahan pose itu lebih lama.

  1. Atur pernapasan

Mengatur napas adalah elemen terpenting dalam yoga. Cobalah untuk membandingkan napas Mam saat sebelum melakukan yoga dan setelahnya. Kemungkinan napas Mam di awal akan terasa berat dan dangkal, sementara di akhir kelas akan terasa lebih santai. Oleh sebab itu,  apabila Mam sedang banyak pikiran dan tidak mudah fokus saat kelas, Mam bisa memulai untuk menghirup dan menghembuskan napas beberapa kali. Cara tersebut adalah yang terbaik untuk menenangkan diri dan kembali ke latihan dengan pandangan yang lebih segar.

Pada akhirnya, salah satu manfaat terpenting dari rutinitas yoga tidak terletak pada perubahan fisik, melainkan berupa ketenangan pikiran. Dasar dari belajar yoga adalah memusatkan perhatian, dimulai dari fokus pada gerakan-gerakan tubuh, kemudian beralih ke fokus pada pikiran. Seiring berjalannya waktu dan konsisten dalam menjalankan yoga, Mam akan mulai melihat melihat manfaat mental dan spiritual yang terjadi.

Baca juga : 

Mendapatkan Tes Kehamilan Yang Lebih Akurat

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :