Cara Menghindarkan Si Kecil dari Polusi

Seiring perkembangan zaman dan pertumbukan ekonomi serta industry yang begitu cepat, tidak heran pencemaran atau polusi di dunia terus meningkat. Hal ini menjadi lebih parah ketika kurangnya kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya penghijauan untuk melindungi diri mereka dari bahaya polusi. Tidak hanya bisa mengancam kesehatan orang dewasa, keberadaan polusi sangat mengancam kesehatan si kecil yang masih rentan.

Lalu bagaimana cara melindungi anak Anda dari bahaya polusi mengingat organ tubuh mereka masih berkembang? Berikut penjelasannya.

Rajin Mencuci Tangan

Cara pertama yang paling sederhana untuk melindungi diri dan si kecil dari polusi adalah dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. Terkadang masih banyak orang yang tidak menyadari polutan yang tidak kasat mata itu juga dapat sangat mudah menempel dan berpindah tangan ke orang lain. Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang lancar. Jangan lupa pula untuk rajin membersihkan ventilasi rumah Anda, setidaknya seminggu sekali.

Kurangi Penggunaan Bahan Kimia di Rumah

Hal ini juga terkadang masih sering dilakukan tanpa sadar oleh banyak orang, termasuk Anda. Polusi udara memang sudah pasti bisa ditemukan di luar rumah, tetapi tidak ada salahnya kalau Anda juga mulai mengurangi penggunaan bahan kimia di rumah. Mengurangi bahan kimia seperti obat nyamuk, menuang terlalu banyak cairan pembersih lantai, pewangi ruangan, dan lainnya juga sudah bisa membantu Anda mengurangi polusi yang sudah terpapar di luar rumah.

Hindari Kemacetan

Mam, seperti yang Anda ketahui kalau pencemaran polusi udara paling parah terjadi di luar ruangan terlebih lagi di jalan raya yang banyak kendaraan berseliweran. Sebisa mungkin hindari terjebak dalam kemacetan panjang dan jika terlanjur, pastikan kaca jendela dalam mobil Anda tertutup rapat. Tetapi ketika menggunakan motor, pastikan Anda sudah melindungi diri dan anak Anda dengan kacamata serta saputangan untuk melindungi wajah dan mata.

Menggunakan Tanaman Pemurni

Berkaitan dengan pengurangan bahan kimia di dalam rumah Anda, cara terbaik dan alami yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan tanaman pemurni alami. Daripada harus menggunakan pembersih udara buatan, Anda bisa mempercayakan tugas tersebut pada tanaman merambat dan juga lidah buaya yang bisa melindungi Anda dan keluarga dari polusi udara. Tidak hanya membuat suasana rumah menjadi asri, tanaman hijau juga bisa mengubah karbondioksida menjadi oksigen yang baik untuk kesehatan tubuh Anda sekeluarga.

Memperkuat Imunitas Tubuh

Imunitas juga merupakan salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menghindari anak dari bahaya polusi. Membangun sistem kekebalan tubuh pada anak merupakan hal dasar yang harus Anda berikan pada si kecil secara teratur. Mulailah membangun imunitas yang lebih baik dengan memberikan makanan masakan sendiri dan terhindar dari perasa buatan. Pastikan pula Anda sudah memberikan buah-buahan serta sayuran alami untuk mereka.

Tinggalkan Lingkungan Tercemar

Mam, jika ada salah satu anggota keluarga Anda yang menderita jantung atau paru-paru, berusia lanjut, dan juga memiliki anak tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter Anda apa perlu meninggalkan lingkungan yang sudah terpolusi atau tidak. Karena tanpa disadari, lingkungan yang terpapar asap tebal dalam jangka waktu lama bisa membuat partikel asap tersebut menempel dalam ruangan dan membahayakan kesehatan Anda sekeluarga.

Mam, itulah beberapa cara menghindarkan si kecil dan keluarga Anda dari paparan polusi di sekitar Anda. Mam juga bisa mulai membatasi beberapa aktivitas luar ruangan jika kondisi lingkungan sudah sangat tercemar.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :