Apa Itu Detox dan Perlukah Anda?

Kata detox menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Tapi sebenarnya, detox itu apa? Mengapa tubuh jadi penuh racun dan bagaimana cara detox yang natural? Yuk, baca penjelasannya di sini!

Sebenarnya, Detox dari Apa Sih?

Bila ditilik dari artinya, detox atau detoksifikasi berarti menghilangkan racun yang menumpuk dalam tubuh.

Umumnya, detox dilakukan ketika sudah terlalu banyak racun yang dikonsumsi atau datang dalam tubuh tanpa sengaja lewat udara atau terlalu banyak paparan kulit terhadap polusi.

Badan kita sendiri juga memiliki proses detox alami, menggunakan kulit (dengan keringat), liver dan pembuangan seperti buang air besar dan buang air kecil.

Kehidupan Penuh Racun?

Ya, secara tidak sadar kita hidup di tengah-tengah racun. Makanan cepat saji, bahkan obat yang kita minum memiliki kandungan yang bisa berbalik menyerang tubuh ketika tidak dikonsumsi sesuai porsinya.

Polusi udara juga jelas menjadi salah satu alasan mengapa kulit Anda menjadi jelek kualitasnya ketika terlalu banyak bekerja di luar dan tak dibersihkan secara rutin.

Kapan Mam Butuh Detox?

Tubuh membutuhkan detox ketika Mam mulai merasakan gejala-gejala berikut tanpa henti, seperti:

  • Sakit kepala
  • Naiknya kadar lemak dalam tubuh
  • Susah turun berat badan
  • Keinginan untuk makan gula berlebih
  • Jerawat yang tak kunjung hilang
  • Rasa lelah yang kerap datang meski sudah banyak tidur
  • Emosi yang tak terkontrol
  • Mual
  • Kerap merasa tidak nyaman dengan bau-bauan (seperti parfum)
  • Kerap bangun pada jam dua pagi (ini tanda bahwa liver Mam tidak baik)

Detox secara Natural

Seperti yang dijelaskan di paragraf atas, tubuh memiliki beragam cara untuk detox secara natural. Namun, terkadang tubuh terlalu lelah untuk melakukannya sehingga Mam harus segera mengganti pola hidup untuk membantu badan membuang racun tersebut.

Caranya, konsumsi banyak mineral dan makanan kaya anti oksidan. Contohnya adalah sayuran segar dan buah-buahan yang belum diproses.

Juga bisa dilakukan dengan berolahraga rutin (hingga berkeringat) atau masuk ke dalam sauna untuk mengeluarkan keringat dengan lebih banyak.

Bila Mam termasuk yang suka minum alkohol, sebaiknya segera kurangi karena bisa menambah produksi racun dalam tubuh.

Jadi, apa Mam termasuk yang membutuhkan detox sekarang?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :