Apa Saja Sih Penyebab Perut Buncit?

Perut buncit menjadi salah satu hal yang ditakutkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, sekarang coba tengok pria paruh baya, hampir sebagian besar perut mereka buncit. Perut buncit ini diakibatkan oleh penumpukan lemak di dalam perut akibat makanan yang tinggi gula dan kolesterol. Sebenarnya penumpukan lemak ini tidak hanya berada di dalam perut, tetapi perut memiliki peran yang besar karena tempatnya yang bisa melebar.

Jika kamu yang masih muda dan takut ketika tua nantinya perut kamu buncit, dalam artikel kali ini kita akan mencoba membahas apa saja penyebab perut buncit yang bisa kamu hindari. Simak di sini!

Makan pada malam hari

Penyebab utama perut buncit adalah naiknya porsi makan, khususnya makan di malam hari. Mengapa malam hari ini sebaiknya dihindari? Ternyata hal ini bukan tanpa alasan, Mam. Ketika malam hari, pencernaan pada tubuh akan sedikit melakukan kegiatan dan tidak optimal. Jadinya makanan yang kamu makan pada pukul 7-8 malam ke atas tidak akan dicerna secara sempurna. Hasilnya, lemak akan menumpuk di bagian perut.

Solusinya adalah jangan makan berat pada pukul 7-8 ke atas. Jika terpaksa, kamu bisa makan sedikit dengan disertai air putih yang banyak. Dengan begini, kamu bisa mengurangi asupan yang berbahaya bagi tubuh.

Jarang berolahraga

Alasan kedua adalah jarang berolahraga. Poin pertama dan kedua ini sangat berhubungan. Jika kamu sudah mengurangi makan di malam hari tetapi tidak berolahraga, maka perut kamu akan tetap buncit. Jadi, untuk mengurangi perut buncit, kamu harus rajin berolahraga minimal dua hari sekali. Ini akan lebih baik jika kamu olahraga setiap hari selama 15 hingga 30 menit daripada kamu berolahraga seminggu sekali tetapi berjam-jam.

Stres

Stres adalah faktor ketiga yang bisa menyebabkan perut buncit. Stres akan menyebabkan pencernaan dan daya tahan tubuh kamu tidak maksimal, jadi makanan tidak akan tercerna secara sempurna. Ini akan mengakibatkan perut kamu semakin besar karena timbunan lemak, dan bahkan di bagian lain bisa juga membesar.

Cara untuk mengurangi stres adalah dengan melakukan apa yang kamu suka, misalnya melakukan hobi yang sempat kamu tinggal dulu. Jika ada masalah lain, kamu bisa bercerita kepada keluarga atau jika ada permasalahan berat kamu bisa melakukan konseling.

Itulah hal yang menyebabkan perut buncit dan cara menghindarinya. Semoga mencerahkan, ya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :