Kenapa Mam Terus Gendut Walaupun Sudah Diet?

Permasalahan berat badan memang menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar wanita di dunia ini. Apakah Mam salah satunya? Hal ini semakin diperparah dengan usaha diet yang sudah dijalankan tapi sama sekali tidak menghasilkan apa-apa dan berat badan Anda tidak berubah justru cenderung terus bertambah. Mam, sabar dulu, jangan terburu-buru untuk menyelesaikan program diet yang sudah Anda pilih. Hal tersebut terjadi karena beberapa alasan, berikut penjelasannya.

Terlalu Banyak Kalori

Mam, Anda tentu sudah tahu betul kalau namanya diet sudah pasti mengurangi jumlah asupan kalori yang tubuh Anda terima. Kalori tidak hanya didapatkan dari makanan yang berat, justru jumlah kalori terbesar biasanya tanpa disadari berasal dari makanan ringan yang bersifat adiktif. Makanan ringan yang memiliki rasa yang lezat tetapi dikemas semenarik mungkin dan tidak memiliki gizi yang begitu berarti.

Sedangkan kalau Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi dan lebih sehat, biasanya makanan tersebut tidak memiliki efek adiktif dan biasanya juga pengkonsumsiannya lebih mudah untuk dikendalikan. Namun kalau Anda tetap banyak mengkonsumsi makanan ringan selama program diet Anda, maka memilih makanan yang lebih sehat adalah salah satu lawannya.

Ketidakseimbangan Lemak, Protein, dan Karbohidrat

Biasanya orang yang sedang ada di dalam program diet akan menganut perhitungan nutrisi yang tepat dari makanan alami yang mengandung lemak sehat. Mulai dari kacang-kacangan, alpukat, dan bahkan lemak hewani yang bisa membantu mengenyangkan seseorang. Sayangnya, tujuan diet tidak hanya untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tetapi juga bagaimana Anda mengatur berat badan Anda.

Namun, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak bahkan lemak baik sekalipun justru bisa memperlambat penurunan berat badan Anda. Cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menemukan keseimbangan yang tepat antara lemak, protein, dan juga karbohidrat, karena kandungan-kandungan inilah yang justru lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan kalori Anda setiap harinya.

Lemak memang memberikan rasa kenyang lebih cepat dibandingkan dengan jenis makanan lainnya, tapi jangan lupa untuk dikombinasikan dengan makanan yang mengandung lebih sedikit kalori seperti buah, sayur-mayur, kacang, gandum, dan protein.

Tidak Memakan Sayur-Mayur yang Cukup

Kunci dari health eating  dan mendapatkan berat badan yang Anda impikan adalah memiliki keseimbangan antara makanan berkalori tinggi dan berkalori rendah. Meskipun begitu, penting pula untuk Anda melengkapinya dengan sayur-mayur.  Namun, jika Anda lebih banyak memakan makanan rendah kalori seperti salad setiap hari, mungkin Anda akan merasa kurang puas dan menyerah lebih cepat karena menganggap hal tersebut sudah berlebihan.

Cara yang paling tepat untuk membuat tubuh Anda merasa kenyang setiap hari dan tetap berada di jalur program diet Anda adalah dengan memakan sayuran setidaknya sebanyak setengah dari volume piring Anda. Kandungan serat dan air yang ada di sayuran akan membuat perut Anda lebih kenyang dari pada tidak menggunakan sayur sama sekali.

Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan memang lebih praktis dan juga mudah, tetapi hal tersebut juga bukan langkah yang tepat dilakukan ketika Anda ingin menurunkan berat badan Anda. Agar tidak semakin gemuk, Anda bisa membatasi konsumsi makanan olahan yang diproses sebanyak satu sampai enam kali per minggu. Cara ini dilakukan agar kebiasaan Anda tidak langsung dihilangkan melainkan dikurangi. Pilihlah makanan dengan nutrisi yang padat, mengisi, dan rendah kalori.

Nah, Mam, itulah beberapa alasan mengapa Anda masih tetap gemuk meskipun sudah menjalankan program diet. Dalam hal ini, Anda juga harus memperhatikan waktu istirahat yang cukup, tingkat stress atau depresi yang Anda alami. Mengingat hal tersebut juga bisa menjadi faktor mengapa berat badan Anda tidak kunjung turun.

Baca juga : 

Bolehkah Minum Air Dingin Saat Hamil?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :