Makanan Yang Mengobati Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat mungkin dialami semua orang, tidak terkecuali Mam. Penyebabnya pun beragam, mulai dari asupan garam yang berlebihan, kegelisahan, hingga obesitas. Jika tidak ditangani dengan baik, darah tinggi dapat berdampak buruk hingga sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan.

Oleh karena itu, penting bagi Mam untuk menurunkan darah tinggi hingga menjadi normal kembali. Minum obat saja tidak cukup, Mam harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi untuk mendapat hasil terbaik. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengobati darah tinggi!

  1. Sayuran hijau

Untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi, Mam dapat mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam. Kandungan kalium yang terdapat dalam sayuran hijau dipercaya dapat menurunkan tekanan darah rendah.

  1. Susu bebas lemak

Kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi pada susu bebas lemak juga dipercaya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk rasa terbaik, Mam bisa mengonsumsi susu bebas lemak selagi hangat. Memastikan susu yang dikonsumsi 100% bebas lemak sangat penting dilakukan, karena lemak pada susu dapat memicu peningkatan darah.

  1. Tomat

Tomat diketahui kaya akan vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium dan magnesium. Berbagai kandungan yang terdapat dalam tomat berfungsi membantu mengurangi tekanan darah apabila Mam mengonsumsinya secara teratur.

  1. Pisang

Buah yang mudah didapat dengan harga murah ini juga baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium di dalamnya dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh sehingga tekanan darah dapat menurun. Pisang bisa dikonsumsi secara langsung atau sebagai teman makan sereal atau yogurt agar lebih enak.

  1. Bawang putih

Bumbu dapur satu ini juga bisa Mam manfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang putih berfungsi mencegah pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah. Tidak hanya itu, efek buruk yang disebabkan oleh darah tinggi juga dapat ditekan dengan mengonsumsi bawang putih.

  1. Oats

Mam bisa rutin sarapan oats untuk menurunkan darah tinggi dengan mudah.

  1. Hindari konsumsi makanan asin dan pedas

Sodium merupakan salah satu elemen yang dapat memicu peningkatan tekanan darah di arteri. Oleh karena itu, sebaiknya Mam mengurangi konsumsi asupan garam berupa makanan asin. Makanan pedas juga dapat meningkatkan tekanan darah sehingga harus dihindari.

  1. Buah-buahan segar

Buah jenis apapun yang kaya akan vitamin dan mineral berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi. Mam juga tidak perlu khawatir soal kadar gula dalam tubuh karena mengonsumsi buah-buahan tidak akan berpengaruh buruk.

Itulah beberapa makanan yang bisa Mam konsumsi untuk menurunkan darah tinggi agar lebih sehat dan terhindar dari bahaya darah tinggi. Semoga bermanfaat!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :