Manfaat Buah Semangka untuk Menurunkan Berat Badan

Semangka yang kaya akan kandungan air ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Buah segar ini menyediakan sejumlah besar vitamin, mineral, antioksidan, dan mampu mendetoksifikasi tubuh. Mengonsumsi semangka secara rutin juga mampu menurunkan risiko obesitas, jantung, dan diabetes. Selain itu, ternyata buah ini pun ampuh untuk menurunkan berat badan. Bagaimana bisa? Simak penjelasannya berikut ini, Mam!

Rendah kalori

Jangan berpikir bahwa rasa semangka yang manis mengindikasikan bahwa buah ini mengandung kadar gula yang tinggi. Semangka justru mengandung kalori, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah  yang sangat rendah sehingga sangat baik untuk proses penurunan berat badan. Diet sehat dapat dilakukan karena buah ini mengandung nutrisi yang cukup komplit. Selain memakan buahnya, Mam juga dapat mengonsumsinya dengan cara lain dalam bentuk salad semangka ataupun jus.

Membuat rasa kenyang lebih lama

Porsi makan terkontrol merupakan kunci utama untuk menurunkan berat badan. Kadar serat yang tinggi dalam buah ini dapat memperlambat pencernaan, memberikan tubuh lebih banyak energi dan membuat rasa kenyang lebih lama. Buah ini sangat efektif untuk membantu pembakaran lemak dan merupakan cara yang sehat untuk diet. Konsumsilah semangka untuk sarapan dan makan malam, Mam.

Memiliki nutrisi lengkap

Semangka mengandung banyak nutrisi untuk tubuh. Selain elektrolit, natrium, dan kalium, buah ini juga mengandung L-citrulline/L-arginine serta asam amino. Kandungan vitaminnya juga lengkap, yaitu vitamin A, C, B-6, dan tiamin. Buah manis ini pun mampu mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh hingga menurunkan tekanan darah. Bila Mam hobi ngemil, gantilah snack dengan potongan buah semangka.

Detoksifikasi

Diet semangka dinilai efektif untuk detoksifikasi atau membersihkan tubuh karena kandungannya yang terdiri atas 97% air dan punya nutrisi lengkap. Buah segar ini bersifat diuretik sehingga  mampu membuang kelebihan racun, garam, dan menghilangkan kotoran lain dalam tubuh. Semangka juga mampu merelaksasi pembuluh darah dan mencegah stroke. Diet ini juga dapat menghindarkan tubuh dari penumpukan minyak berlebih serta aman bagi penderita diabetes.

Sumber energi

Saat menjalani diet semangka, jangan khawatir tubuh akan kekurangan energi. Konsumsi buah semangka efektif untuk mengembalikan energi yang hilang setelah seharian beraktivitas. Jadi, jika saat malam Mam merasa lapar, Mam bisa makan semangka daripada makan makanan berat yang berpotensi membuat berat badan naik. Imbangi pula dengan asupan air putih yang cukup untuk hidrasi tubuh. Diet ini sangat menyehatkan tanpa harus tersiksa dengan lapar.

Bagaimana Mam, tertarik untuk mencobanya? Perlu diingat, saat menjalani diet semangka, jangan lupa imbangi dengan olahraga teratur, menjaga asupan, dan porsi makan. Selain itu, kurangi pula makanan yang tinggi kandungan garam, gula, dan lemak agar cepat mencapai berat badan ideal. Selamat mencoba, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :