Inilah 5 Manfaat Mengejutkan Makan Bawang Putih yang Dimasak maupun Mentah

Photo Credit: Pexels

Sebagai salah satu bahan dapur yang sering digunakan untuk bumbu masak, keberadaan bawang putih tentunya sangat penting untuk menambah cita rasa masakan. Namun, sepertinya belum banyak orang yang tahu bahwa bawang putih sebenarnya juga memiliki sejumlah manfaat. Baik dimasak ataupun mentah, bawang putih punya manfaat mengejutkan lho, Mam. Apa saja? Berikut informasi lengkapnya!

Anti-inflamasi

Tahukah Mam bahwa bawang putih mempunyai sifat anti-inflamasi dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh melawan virus dan bakteri? Para peneliti bahkan menemukan bawang putih bermanfaat dalam membantu tubuh mengatasi peradangan, Mam. Dalam sebuah studi tahun 2017 lalu, para ilmuwan melihat respon peradangan tubuh pada infeksi virus dengue yang disebabkan oleh nyamuk. Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Virus tersebut, ditemukan bahwa senyawa aktif dalam bawang putih bisa mengurangi risiko peradangan tubuh tersebut.

Mencegah flu

Tahukah Mam bahwa flu disebabkan oleh virus yang tidak dapat disentuh antibiotik? Itulah kenapa umumnya penderita flu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Nah, sebuah studi dari University of Western Australia yang dilakukan pada tahun 2014 lalu menemukan bahwa bawang putih mempunyai manfaat untuk mencegah flu, meskipun belum begitu efektif menyembuhkan flu.

Mengatasi penyakit jantung

Mam mungkin tahu bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian bagi pria dan wanita. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mencatat bahwa terdapat lebih dari 600.000 orang di Amerika Serikut meninggal akibat penyakit jantung setiap tahunnya. Besarnya jumlah kematian akibat penyakit jantung tentu saja membuat penyembuhan terhadap penyakit ini dibutuhkan, salah satunya dengan mengonsumsi bawang putih.

Faktanya, bawang putih ternyata mampu membantu menurunkan tekanan darah. Secara otomatis, risiko terkena penyakit jantung koroner dan kolesterol tinggi pun ikut berkurang. Manfaat ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh Institure of Preventive dan Clinical Medicine di Slovakia pada tahun 2010 lalu.

Menjaga kesehatan kulit

Anak-anak yang mengalami masa pubertas pada umumnya akan menghadapi masalah berupa timbulnya jerawat pada ruam pipi. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu, dan mengatasinya tidak hanya dengan perawatan dari luar namun juga dari dalam. Salah satu perawatan dari dalam yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kemulusan kulit adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Bawang putih sendiri diketahui dapat menghilangkan zat beracun dari tubuh, termasuk penyebab jerawat.

Anti parasit dan anti bakteri

Satu lagi manfaat bawang putih yang harus Mam ketahui, yakni anti parasit dan anti bakteri. Sebagai salah satu harta karun dari obat terbaik di era masa lampau, bawang putih sering digunakan sebagai antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, jamur, serta parasit lho, Mam. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila bawang putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Bagi anak-anak, bawang putih juga bisa menyembuhkan infeksi cacing pita. Obat kumur yang mengandung bawang putih pun dapat membunuh bakteri berbahaya meski beraroma kurang sedap.

 

Jadi, sekarang Mam sudah tahu kalau bawang putih tidak hanya bisa digunakan untuk memasak makanan. Mam juga bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal lain berkat manfaat-manfaatnya tersebut. Semoga bermanfaat ya, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :