Inilah 6 Makanan yang Bisa Memutihkan Gigi Kamu

Memiliki gigi yang putih tentu merupakan dambaan setiap orang, termasuk Mam. Gigi yang putih dapat meningkatkan kepercayaan diri serta melambangkan kesehatan gigi. Untuk mendapatkan gigi yang putih, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan tertentu yang berkhasiat sebagai pemutih gigi.

Jika dikonsumsi secara rutin, makanan-makanan ini dijamin dapat membuat gigi nampak lebih putih. Penasaran? Berikut informasi lengkapnya!

Stroberi

Buah berwarna merah ini diketahui baik bagi Mam yang ingin memutihkan gigi. Pasalnya, stroberi mengandung asam malat (malic acid) yang bermanfaat sebagai bahan alami pemutih gigi. Khasiat tersebut diungkapkan oleh Dr. Irwin Smigel, kepala American Society for Dental Aesthetics.

Wortel

Selain kaya akan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata, wortel juga baik dikonsumsi untuk memutihkan gigi, lho. Apabila Mam mengonsumsi wortel, maka produksi air liur akan meningkat. Peningkatan air liur inilah yang kemudian berfungsi sebagai pembersih mulut. Tidak hanya itu, wortel juga mampu memperkuat gusi. Sehingga tidak hanya memutihkan, gigi Mam pun akan menjadi lebih sehat.

Nanas

Nanas memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda dengan wortel. Buah yang umumnya berwarna kuning ini bermanfaat sebagai pembersih noda alami dengan cara meningkatkan produksi air liur. Manfaatnya sebagai pembersih sisa makanan dapat membuat mulut Mam menjadi lebih bersih dan segar.

Apel

Selain menawarkan rasa yang enak, apel ternyata juga baik untuk menguatkan gusi. Apel yang dikunyah membuat gusi menjadi lebih kuat. Peningkatan produksi air liur yang didorong oleh konsumsi apel juga bermanfaat membutuh bakteri dalam mulut. Oleh karena itu, memilih apel sebagai pembersih gigi merupakan salah satu pilihan terbaik.

Jeruk

Tak hanya kaya akan vitamin C yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan asam pada jeru juga berfungsi menghilangkan bercak pada gigi. Untuk mendapat dampak maksimal, sebaiknya Mam rutin mengonsumsi jeruk dalam jumlah banyak.

Namun perlu dicatat bahwa mengonsumsi jeruk dalam jumlah banyak juga dapat merusak permukaan gigi. Oleh karena itu, mengonsumsi jeruk terlalu banyak hanya untuk membuat gigi nampak lebih putih tidak begitu disarankan. Sebaiknya, Mam konsumsi secukupnya diimbangi dengan konsumsi buah jenis lain yang juga memiliki manfaat serupa.

Susu

Tidak hanya buah-buahan, susu juga bisa jadi makanan yang baik untuk memutihkan gigi. Kandungan kalsium dalam susu berfungsi menguatkan gigi serta membuat lapisan gigi lebih kuat dan putih. Pilihlah susu yang kaya akan kalsium agar gigi nampak lebih putih.

Selain susu, sebenarnya beberapa jenis makanan lain juga kaya akan kandungan kalsium, bayam misalnya. Akan tetapi, kandungan kalsium dalam bayam tidak berfungsi memutihkan gigi. Malah, zat warna yang terkandung didalamnya dapat menyebabkan perubahan warna pada lapisan gigi. Oleh karena itu, tidak semua jenis makanan yang mengandung kalsium dapat memutihkan gigi ya, Mam.

Itulah beberapa makanan pemutih gigi yang bisa Mam konsumsi mulai dari sekarang. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :