Kenali 3 Tanda Depresi Setelah Melahirkan

Terkadang setelah melahirkan Mam merasa ada yang aneh dengan kesehatan diri sendiri ataupun dengan kesehatan bayi. Itu adalah tanda-tanda Mam mengalami depresi setelah melahirkan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan baby blues. Nah deperesi setelah melahirkan ini tidak berbahaya, tetapi jik dibiarkan maka bisa akan berdampak secara langsung dengan perkembangan SI Kecil. Padahal seharusnya Si Kecil mendapatkan perkembangan yang maksimal pada umur 0-2 tahun. Menariknya, tanda depresi pada Si Kecil ini terkadang tidak terlihat dan kebanyakan Mam tidak merasa. Sekarang kita akan mencoba membahas apa saja tanda depresi setelah melahirkan.

Sedih dan menangis tanpa alasan yang jelas

Ciri pertama adalah Mam selalu merasa sedih dan takut dengan masalah pertumbuhan bayi ataupun menjadi ibu. Menurut penelitian, setidaknya ada 10 persen dari ibu yang melahirkan akan mengalami depresi setelah melahirkan. Jadi jika Mam sering mengalami kesedihan yang tiba-tiba muncul atau ketakutan akan sesuatu yang bakal terjadi, itu tandanya Mam sedang mengalami baby blues. Salah satu cara menanggulanginya adalah Mam berkonsultasi dengan Ayah terlebih dahulu, baru setelah itu keluarga yang lain. Berkomunikasi akan membuat Anda merasa nyaman.

Khawatir dengan pertumbuhan bayi dan mulai takut berinteraksi dengan bayi

Tanda depresi kedua adalah Mam akan merasa takut akan pertumbuhan bayi. Takut misalnya pertumbuhannya tidak lancar atau merasa ada yang salah terhadap pertumbuhnnya. Padahal kondisi bayi tidak apa-apa dan sehat-sehat saja. Salah satu cara untuk menghilangkan ketakutan ini selain tetap berkomunikasi dengan keluarga adalah istirahat yang cukup. Jangan sampai Mam kurang tidur, karena itu akan semakin menambah keresahan.

Takut setelah proses persalinan

Tanda depresi terakhir adalah Mam takut setelah menjalani proses persalinan yang sulit. Biasanya ini terjadi persalinan caesar. Proses caesar akan terjadi ketika bayi tidak bisa keluar dengan sempurna atau terjadi masalah dengan kandungan dan mengharuskan operasi. Walaupun operasi caeasar ini lebih aman, tetapi ada banyak yang takut dengan operasi ini.

Jika tanda depresi tersebut masih belum hilang, Mam harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :