Apa Itu Body Dysmorphia?

Body Dysmorphia atau BDD adalah hal yang sedang marak terjadi akhir-akhir ini. Apa sebenarnya BDD? Bahayakah untuk kehidupan Mam? Bisa terjadi pada siapa saja dan bagaimana menanganinya?

Mengenai BDD

BDD adalah gangguan dari persepsi seseorang akan badan yang ideal, membuatnya berpikir bahwa dirinya tidak sempurna dan terus melakukan hal-hal ekstrem untuk membetulkan tubuhnya. Salah satu gejala dari BDD adalah kebiasaan seseorang untuk terus melihat keburukan dari bentuk tubuh atau wajahnya dan secara terus-menerus membandingkannya dengan orang lain.

Apa yang Menyebabkan BDD?

Beberapa orang banyak yang salah mengartikan bahwa BDD sama dengan rasa panik dan cemas berlebihan, depresi dan gangguan pola makan. Beberapa bahkan mengiranya sebagai salah satu bentuk dari OCD (Obsessive Compulsive Disorder). Namun kenyataannya, BDD sama sekali beda.

BDD bisa berasal dari berbagai macam faktor, baik itu biologis maupun dari lingkungan luar. Mungkin Anda mengira bahwa media lah yang menjadi penyebab mengapa orang mulai menilai bahwa dirinya cantik atau tidak, namun Dr. Eda Gorbis dari Westwood Institut for Anxiety Disorder berkata sebaliknya.

Dr. Eda Gorbis mengatakan bahwa BDD bisa terjadi pada siapa saja, tidak peduli kemudahan akses pada media dan status ekonominya. BDD pun tak hanya terjadi pada perempuan tapi banyak juga dialami oleh laki-laki.

Bagaimana Menanganinya?

Pikiran yang positif bisa menjadi cara utama untuk menangani BDD. BDD hadir karena luapan pikiran negatif yang tak terbendung dan tak terkendali. Membuat seseorang terus merasa bahwa badannya lebih buruk daripada yang lain.

Dr. Eda Gorbis menyarankan para pasiennya yang terserang BDD untuk tidak mengubah tubuhnya dengan cara yang tidak alami seperti operasi plastik. Dirinya justru menyarankan orang-orang yang memiliki BDD untuk pergi ke psikiater.

BDD bisa terjadi pada siapa saja, baik itu ibu yang sudah melahirkan atau bahkan pada anak Mam yang masih kecil, bisa juga terjadi pada Ayah. Oleh karena itu, ciptakan lingkungan yang baik sejak dini, berhentilah menilai orang dari penampilannya yang berbeda.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :