Apa Sebenarnya yang Terjadi Saat Pipi Si Kecil Sering Memerah

Bayi yang tumbuh sehat, montok, berkulit bersih, dan berpipi tembam menggemaskan memang menjadi impian sebagian besar ibu di manapun. Tentu ketika ada sesuatu yang terlihat janggal pada pipi si kecil, mulai dari kemerahan, ada bintik-bitik atau ruam, dan juga lainnya. Pipi si kecil yang sering memerah merupakan hal yang umum terjadi, mengingat ruam atau bintik merah di pipinya bukanlah sesuatu yang berbahaya dan bisa sembuh sendirinya. Lalu, apa saja ya penyebab dari pipi si kecil yang memerah? Berikut penjelasannya.

Eksim Susu

Eksim susu atau Eksim atopik merupakan penyebab paling umum dan sering terjadi pada bayi dan anak. Ketika si kecil mengalami Eksim biasanya kulit bayi akan gatal, kering, memerah, dan pecah-pecah. Eksim ini memang biasa terjadi oleh kulit bayi yang sensitif dan memiliki alergi. Banyak ibu-ibu yang menganggap ASI menjadi penyebab pipi si kecil memerah, padahal kondisi ini biasanya terjadi pada anak yang alergi pada susu formula.

Agar Mam bisa mengatasi eksim, jauhkan si kecil dari suhu ekstrem dan segala sesuatu yang bisa mengganggu kondisi kulitnya. Anda juga bisa memandikan si kecil sebanyak dua atau tiga hari sekali dan mengeringkan kulitnya dengan ditepuk-tepuk perlahan. Jika kondisi ini tak kunjung membaik, bawalah si kecil ke dokter.

Eksim  Seboroik

Eksim satu ini termasuk ke dalam penyakit kulit kronis yang ditandai dengan gejala kulit kemerahan dan bersisik pada daerah tertentu. Daerah tersebut meliputi daerah yang kaya akan kelenjar minyak, di wajah, kepala, dan dada. Penyebab dari penyakit ini adalah karena kelenjar minyak kulit si kecil terlalu aktif dan pengaruh dari sejenis kuman bernama Pityrosporum ovale.  Tanda-tanda dari penyakit ini adalah kulit yang berubah menjadi warna merah dan tertutup dengan sisik lengket yang berwarna kuning atau putih.

Cara menangani eksim seboroik adalah dengan memandikan si kecil secara teratur dengan sabun bayi. Sisik di kepala yang terlalu tebal dan sulit dikelupas bisa diatasi dengan menggunakan minyak zaitun dan mendiamkan beberapa saat.

Terkena Bahan Iritasi atau Menyebabkan Alergi

Tidak hanya karena virus ataupun suhu, pipi si kecil yang menjadi merah pun bisa disebabkan karena terkena bahan-bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan alergi. Berbeda dengan kulit orang dewasa, bayi dan anak-anak lebih mudah dan rentan terhadap iritasi atau alergi.  Banyak hal yang bisa menyebabkan alergi, salah satunya produk kosmetik. Cara mengatasinya Anda hanya perlu membersihkan kulit si kecil dengan produk rendah kosmetik dan menghindari zat warna serta pewangi.

Faktor Genetik

Selain bisa disebabkan oleh virus, pipi bayi yang sering memerah juga bisa disebabkan karena faktor genetik. Tidak semua orang akan memerah pipinya ketika ia sedang malu. Orang-orang yang memiliki ras kaukasia dan Eropa Selatan merupakan kelompok yang paling mudah memerah pipinya.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :