Apa yang Harus Mam Ketahui Tentang Penyakit Neurotik?

Mam, pernahkah Anda merasa sesuatu terasa berlebihan, cepat, dan sulit untuk dijelaskan? Tenang dulu, Mam, karena perasaan seperti itu juga dirasakan oleh beberapa orang. Perasaan ini bisa disebut dengan penyakit neurotik. Penyakit neurotic merupakan gangguan di mana gejala yang mampu membuat seseorang merasa distress yang tidak dapat diterima oleh penderitanya yang dikutip dari halaman menurutparaahli.com.

Nah, apakah penyakit mental seperti ini berbahaya atau dapat disembuhkan? Mam, inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang penyakit neurotik?

Sebenarnya hampir semua orang menderita sedikit gejalah dari penyakit neurotik satu ini. Neurosis yang memiliki artik reaksi mental dan juga sistem saraf terhadap penyakit fisik atau kejadian yang kurang menyenangkan. Namun berdanya dengan orang yang sehat secara mental biasanya lebih bebas dari keluhan fisik dan mampu bersikap toleran terhadap perasaan tidak nyaman seperti itu dan bisa menyelesaikannya tanpa banyak mengeluh.

Sedangkan untuk orang yang mengalami neurotik cenderung lebih mudah dilanda dengan pikiran negative yang membuatnya diliputi oleh kecemasan berlanjut. Lalu, kira-kira bagaimana dan apa saja gejala-gejala dari penyakit Neurotik?

Gejala-gejala Neurotik

Meskipun penderita neurotik terjadi dalam berbagai gejala, tapi bila disimpulkan secara umum orang yang memiliki penyakit neurotik cenderung menggambarkan dirinya secara negatif, merasa kurang mampu, dan juga merasa rendah diri. Gejala utamanya adalah kecemasan dan kemungkinan menimbulkan depresi, lalu sering terlihat murung. Gejala lain yang juga ditemukan pada orang dengan penyakit neurotic ini ialah seseorang tersebut memiliki perasaan yang begitu sensitive, sulit menyesuaikan diri dan berkonsentrasi, dan juga kesulitan dalam mengambil keputusan.

Penyebab Penyakit Neurotik

Tidak mungkin sesuatu yang terjadi itu tanpa adanya penyebab. Khusus untuk penyakit neurotik penyebabnya tidak lain tidak bukan tekanan-tekanan yang membuat diri seseorang takut, cemas, dan juga tegang dalam batin seseorang itu sendiri yang bersifat kronis. Biasanya seseoang yang memiliki penyakit ini juga merupakan orang yang mengalami begitu banyak frustasi, konflik emosionil, konflik internal yang serius, dan rangkaian permasalahan mental ini sudah terjadi sejak usia dini. Selain itu kepribadian yang sangat labil dan juga kemauan yang lemah juga bisa dikaitkan dengan penyebab dari penyakit neurotik.

Penyakit Neurotik Membuat Seseorang Cenderung Hidup Lebih Lama

Meskipun terdengar seperti sesuatu penyakit mental yang serius, tapi ada kabar baik bagi para penderita penyakit neurotik. Menurut penelitian besar yang dilakukan di Inggris menemukan ketika Anda menemukan diri Anda lebih cemas dan terobsesi secara berlebihan dibandingkan yang lainnya, itulah yang kemungkinan membuat diri Anda cenderung hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak.

Menurut penelitian tersebut yang dikutip dari halmaan mindbodygreen.com, para peneliti sudah mengumpulkan sekitar lebih dari setengah juta penduduk Inggris dalam usia 37-73 tahun selama periode empat tahun. Para peserta penelitian diuji melalui kesehatan dirinya, secara neurotis, dan juga kebiasaannya seperti merokok, diet, olahraga, minum alkohol, tekanan darah, dan lainnya.

Dari penelitiannya tersebut, para peneliti menemukan kalau orang-orang yang memiliki tingkat kesehatan yang rendah tapi memiliki neurotism yang tinggi mereka cenderung lebih bisa hidup lebih lama daripada orang yang tidak memiliki neurotik. Hal ini terjadi karena biasanya orang yang memiliki neurotic akan segera pergi ke dokter untuk memastikan kesehatan dirinya dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki neurotik karena mereka cenderung cuek untuk memeriksakan keseahatannya.

Nah, Mam, itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit mental neurotik. Tapi perlu Anda catat, kalau neurotik bukanlah sebuah patokan untuk hidup panjang umur, melainkan lebih ke arah diet yang kaya dengan nutrisi, olahraga rutin, dan juga membatasi tingkat stress merupakan kunci utamanya.

 

Baca juga: 

Panduan Perencanaan Baby Shower Party Anda

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :