Bagaimana Jika Mam Telat Pergi Ke Posyandu?

Setelah melahirkan, sangat penting bagi Mam untuk membawa sang buah hati segera ke Posyandu. Di Posyandu, Si Kecil akan menerima imunisasi yang berguna untuk melindungi dirinya.

Si Kecil perlu untuk diimunisasi karena ia belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang siap melawan berbagai penyakit seorang diri. Namun, bagaimana jadinya jika Mam telat pergi ke Posyandu?

Sudah Telat, Apakah Mam Boleh Membawa Si Kecil Ke Posyandu?

Jawabannya ya, Mam tetap boleh membawa Si Kecil ke Posyandu meskipun lebih lama dari waktu yang seharusnya. Meskipun telat, Si Kecil tetap dapat memperoleh berbagai suntikan yang ia butuhkan. Meskipun demikian, para dokter sangat menganjurkan agar Mam mengikuti jadwal yang telah diberikan untuk membawa Si Kecil ke posyandu.  

Kapan Waktu Yang Tepat Membawa Si Kecil Ke Posyandu?

Mengenai hal ini, sebaiknya Mam mengonsultasikannya dengan dokter. Dokter akan memberikan Mam jadwal yang tepat bagi Si Kecil untuk pergi ke Posyandu. Yang perlu Mam pastikan adalah tidak melupakan jadwal tersebut. Namun, jika karena sesuatu hal Mam lupa, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Mam tetap bisa membawa Si Kecil ke Posyandu.

Apa Manfaat Membawa Si Kecil Ke Posyandu?

Di Posyandu, Si Kecil akan menerima imunisasi yang sangat berguna untuk melindungi buah hati Mam dari berbagai macam penyakit. Imunisasi ini akan membantu Si Kecil membangun sistem kekebalan tubuh sehingga bebas dari ancaman penyakit yang belum bisa Si Kecil hadapi tanpa adanya bantuan imunisasi.

Apa Dampak Jika Mam Telat Membawa Si Kecil Ke Posyandu?

Karena imunisasi berguna untuk menjaga Si Kecil terbebas dari serangan penyakit, maka selama Si Kecil belum sempat Mam bawa ke Posyandu, Si Kecil sangat rentan terhadap ancaman berbagai penyakit.

Berbagai penyakit yang mungkin dialami Si Kecil adalah tetanus, polio, hepatitis, tiroid, batuk, cacar hingga campak. Untuk itu sangat penting bagi Mam untuk memberikan vaksin kepada Si Kecil sesegera mungkin.

Adakah Orangtua Yang Tidak Membawa Anaknya Ke Posyandu?

Nyatanya, masih ada beberapa orangtua yang kurang sadar akan pentingnya membawa Si Kecil ke Posyandu. Alasan seperti takut Si Kecil panas setelah diimunisasi, tidak adanya izin dari keluarga, serta lokasi Posyandu yang cukup jauh membuat para orangtua tidak segera membawa si Kecil ke Posyandu.

Namun, Mam harus ingat. Memberikan imunisasi bagi Si Kecil adalah salah satu cara untuk melindungi Si Kecil dari apa yang belum ia bisa lakukan seorang diri. Anak dengan usia dibawah 2 tahun juga sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Jadi, Mam harus betul-betul memberikan perhatian terhadap pentingnya membawa Si Kecil ke Posyandu mulai dari sekarang. Lebih cepat, lebih baik. Itulah beberapa ulasan mengenai bagaimana jika Mam telat membawa anak ke Posyandu yang wajib Mam ketahui. Apakah Mam sudah membawa Si Kecil ke Posyandu minggu ini?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :