Begini Cara Keramas yang Benar

Berkeramas memang terlihat sebagai pekerjaan yang mudah, namun tahukah Mam bila keramas tak dilakukan dengan benar bisa berakibat pada kerusakan rambut? Lalu bagaimana cara keramas yang benar ya?

Awali dengan Air Hangat

Sama seperti baju, Mam harus membasahinya terlebih dahulu agar deterjen bisa bekerja dengan sempurna. Untuk rambut, sebaiknya Anda mulai dengan air hangat.

Air hangat dapat membuka kutikula, sehingga kotoran dari rambut akan semakin mudah dibersihkan dengan sampo nantinya. Air hangat juga bisa mengurangi kadar minyak di akar rambut.

Jika Mam Punya Rambut Panjang, Mulai dengan yang Ini

Setelah membasuhnya dengan air hangat, Mam yang memiliki rambut panjang (lebih panjang dari bahu) Mam bisa memulai pembersihan rambut atau keramas dengan kondisioner. Kondisioner bisa mengurangi kerusakan yang kerap terjadi di rambut panjang.

Kondisioner yang baik akan membuat ujung rambut tidak mudah bercabang setelah di keramas, juga membuatnya lembap, halus dan bercahaya.

Gunakan Sampo Pada Bagian Akar

Ya, Mam tak sebaiknya menggunakan sampo hingga ke ujung rambut. Bagian yang seharusnya diberi sampo dan digosok dengannya adalah akar rambut saja. Utamanya yang ada di bagian belakang leher.

Hal ini disebabkan oleh ujung rambut yang umumnya jauh lebih rapuh daripada akar. Akar rambut adalah rambut yang masih segar dan baru tumbuh, karena itu bagian akar rambut Mam kerap berminyak. Sedangkan ujung rambut adalah bagian yang paling tua, sehingga paling rapuh dan sebaiknya tak sering-sering terpapar sampo.

Lakukan dengan Perlahan

Mam tak boleh buru-buru ketika keramas. Gosokan keras hanya akan membuat rambut makin rapuh. Gosokan sampo dengan perlahan dan siram dengan air dengan perlahan pula. Intinya, jangan kasar dengan rambut!

Jangan Gunakan Sampo Dua Kali

Menggunakan sampo dua kali hanya akan membuat rambut Mam makin rapuh. Memang terasa segar, namun rambut akan kurang sehat setelahnya. Bila Mam masih merasa kotor seusai keramas, gunakan saja air hangat dan pijat bagian akar rambut, lalu gunakan kondisioner di ujungnya.

Mam bisa juga menambahkan sesendok makan madu tiap kali keramas dengan sampo. Madu bisa melindungi akar rambut dari kerusakan dan juga membuat rambut makin halus dan bersinar.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :