Bisakah Terkena Demam Berdarah Saat Hamil dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Demam berdarah kerap menjadi momok, tak hanya untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa. Bahkan untuk Mam yang sedang hamil. Bagaimana cara mengatasinya?

Harus Segera Bed Rest


Karena Mam akan merasakan rasa lemas dan nyeri pada seluruh tubuh yang menjadi, Mam harus segera melakukan bed rest. Hal ini dilakukan agar Mam tidak makin lelah dan semakin sakit.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh


Selama hamil saja, Mam membutuhkan asupan cairan yang cukup. Apalagi bila Mam sedang dalam keadaan demam berdarah yang mana Mam akan kekurangan trombosit dan semakin lemas. Agar cairan tak terus berkurang dan tubuh bisa terhindar dari rasa lemas, Mam harus mencukupi kebutuhan cairan.

Tak hanya air putih, Mam bisa mengasup berbagai cairan lainnya yang juga memiliki nutrisi untuk tubuh seperti jus jambu atau buah lainnya, susu, sari kurma, air kepala muda, air kacang hijau, teh, sup ayam atau makanan berkuah lainnya.

Namun, apabila Mam susah makan atau minum dan mengalami diare, Mam harus segera di bawa ke rumah sakit agar melakukan rawat inap. Rawat inap di rumah sakit bisa membuat Mam mendapatkan bantuan asupan cairan dan elektrolit melalui infus.

Kompres dan Beri Obat Pereda Demam


Mam bisa mengompres diri Mam atau mengonsumsi obat dengan parasetamol untuk mengurangi dan menghilangkan demam yang melanda saat demam berdarah. Obat jenis parasetamol umumnya dianggap aman bagi janin jika dikonsumsi oleh Ibu hamil.

Bila Mam ragu, Mam bisa konsultasikan kembali pada dokter.

Ketika demam berdarah, Mam harus terus memantau suhu tubuh setiap hari. Jika demam terjadi lebih dari 3 hari atau malah makin naik suhu tubuhnya, Mam harus segera dibawa ke rumah sakit.

Secara umum, demam berdarah ditandai dengan dua fase, yaitu fase febrile (demam tinggi selama 2-7 hari), diikuti fase afebrile (demam mereda). Pada fase afebrile inilah fase kritis demam berdarah. Untuk itu, selalu monitor suhu tubuh merupakan hal penting bagi penderita demam berdarah.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :