Cara Alami untuk Menambah Sistem Imun

Kesehatan tubuh sangat bergantung pada kondisi sistem imun. Agar tak mudah terserang penyakit, Mam harus terus menjaga agar sistem imun tetap dalam kondisi prima. Kabar baiknya, selama Mam menerapkan gaya hidup yang sehat, sistem imun juga akan terjaga dengan sendirinya. Mam bahkan sebetulnya tak perlu mengonsumsi suplemen tertentu selama rutin melakukan cara-cara alami berikut ini.

Perbanyak Konsumsi Bawang Putih

Orang-orang cenderung menghindari bawang putih karena khawatir akan berpengaruh pada bau napas mereka. Padahal, mengonsumsi bawang putih sangat baik untuk kesehatan lho, Mam. Tidak hanya meningkatkan sistem imun, bawang putih juga mampu membantu mencegah penyakit jantung. Tenang, Mam tidak harus memakan bawang putih mentah-mentah kok. Mam bisa mencampur bawang putih dengan bumbu pesto dan memasaknya sebagai saus pasta atau mengoleskannya pada roti bakar.

Minum Campuran Air Hangat, Lemon, Madu, Jahe, dan Kunyit

Dilansir dari situs Huffington Post, jurnal Evidence-Based Complimentary and Alternative Medicine yang terbit pada tahun 2002 menyatakan bahwa madu dapat bekerja sebagai pendongkrak sistem imun alami. Sedangkan, jahe berfungsi untuk mengobati masalah pencernaan. Lemon, yang kaya vitamin C, menjadi sumber antioksidan yang dapat mencegah terjadinya flu. Sementara itu, studi menunjukkan bawah kunyit mengancung curcumin, yang mampu membantu tubuh menyesuaikan sistem imun.

Yogurt untuk Sarapan

Probiotik yang terdapat dalam yogurt dapat menguatkan sistem imun dan membantu tubuh Mam melawan infeksi. Berdasarkan studi yang diterbitkan di Journal of Science and Medicine in Sport, para atlet di New Zealand yang mengonsumsi probiotik memiliki risiko 40% lebih rendah untuk terkena flu. Tidak hanya itu, yogurt juga memiliki kandungan vitamin D yang dapat memberikan “dorongan” positif terhadap sistem imun di dalam tubuh Mam.

Mendapatkan Paparan Sinar Matahari yang Cukup

Di Indonesia, kegiatan berjemur mungkin tidak terlalu populer, mengingat sinar matahari yang cukup terik dan bisa terasa membakar kulit. Namun, jika ingin menguatkan sistem imun secara alami, sepertinya Mam mulai harus membiasakan diri untuk berjemur. Sinar matahari mengandung vitamin D yang bagus untuk sistem imun. Tenang, Mam tidak harus melakukannya dalam waktu lama. Cukup 15-20 menit sebelum jam sembilan pagi setiap harinya.

Tertawa Sesering Mungkin

Ya, Mam, aktivitas sesimpel tertawa ternyada bisa jadi cara alami yang cukup ampuh untuk menguatkan sistem imun! Dikutip dari situs Huffington Post, sebuah studi pada tahun 2007 menunjukkan bahwa tertawa bisa meningkatkan sistem imun secara mudah. Sebagai aktivitas yang positif, tertawa juga mampu menurunkan level stres dan membantu tubuh untuk memiliki tidur yang berkualitas. Keduanya merupakan dua hal penting untuk kesehatan tubuh.

Selain kelima cara di atas, Mam juga perlu mengimbanginya dengan olahraga rutin. Aktivitas sehat satu ini dapat membantu mempercepat sirkulasi sel darah putih sehingga memungkinkan sistem imun untuk mendeteksi menyakit secara lebih cepat pula. Jangan lupa ajak Si Kecil dan Ayah untuk sama-sama melakukan hal-hal di atas ya, Mam!

Baca juga : 

Royal Pregnancy: Kate Middleton

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :