Cara Menjaga Si Kecil Agar Tidak Memakai Kacamata Sejak Dini

Memakai kacamata bisa menjadi hal yang mengganggu bagi penggunanya. Tak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak. Jika pemakaian kacamata pada beberapa orang dewasa dirasa cukup menurunkan rasa percaya diri, maka jika pada anak-anak hal tersebut membuat pandangan mereka menjadi kurang leluasa. Sebagai orang tua, Mam tentu kasihan bukan melihat Si Kecil yang kurang nyaman memakai kacamata? Untuk itu, lakukan cara ini agar Si Kecil tidak sampai memakai kacamata.

Tidak Membiarkan Mata Si Kecil Berada di Balik Media Transparan Terlalu Lama

Media transparan ini contohnya adalah kaca Helen atau mobil. Misalnya ketika Mam sedang dalam perjalanan jauh dengan motor atau mobil, hal ini akan membuat Si Kecil menikmati pemandangan jalan dan sekitarnya melalu kaca jendela mobil. Begitu juga jika Si Kecil mengenakan helm saat naik motor. Hal ini bisa berdampak pada indera penglihatan Si kecil jika terlalu sering dilakukan. Begitu juga dengan kacamata hitam.

Terlalu Lama Bermain Gadget

Layar smartphone memancarkan sinar yang bisa mengganggu kesehatan mata Si Kecil. Jika Mam membiarkan Si Kecil bermain dengan gadget terlalu lama, hal ini tak hanya akan membuat Si Kecil menjadi kecanduan, tapi juga merusak kesehatan matanya.  Sebaiknya batasi waktu bagi Si Kecil untuk bermain dengan gadget-nya.

Memandang Sesuatu dalam Jarak yang Sama

Mata perlu melakukan akomodasi untuk menyesuaikan jarak pandangnya. Beraktivitas dengan terus memandang objek pada jarak yang sama dalam waktu yang lama juga mampu menurunkan kemampuan akomodasi mata. Akibatnya, mata menjadi lelah akibat aktivitas monoton tersebut. caranya, ajaklah Si Kecil untuk melihat benda-benda yang letaknya jauh dan juga dekat serta biasakan untuk mengistirahatkan mata dengan melihat pemandangan alam yang menyegarkan.

Tidak Membiarkan Si Kecil Membaca di Area yang Gelap

Si Kecil yang suka membaca di tempat minim pencahayaan juga bisa menjadi penyebab matanya menjadi minus. Selalu ingatkan Si Kecil untuk membaca di tempat terang dalam posisi duduk yang nyaman dan tegak. Jangan sampai Si kecil membaca sambil tiduran. Jadi, awasi terus Si Kecil agar tidak sampai melakukan itu semua. Selain itu, membaca di tempat yang terlalu terang juga tidak baik. Usahakan intensitas cahaya yang didapatnya ketika membaca tepat dan sesuai.

Berikan Sayur dan Buah yang Banyak Mengandung Vitamin A

Menjaga kesehatan mata juga harus dilakukan dari dalam misalnya dengan memberinya makanan bergizi. Wortel dan bayam adalah sumber vitamin A yang baik untuk Si Kecil. Pastikan Mam memasukkan bahan makanan tersebut dalam menu harian Si Kecil, ya! Mam juga bisa memberikan wortel dalam bentuk jus dengan sedikit tambahan madu agar Si Kecil lebih suka.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Memberikan gadget pada Si Kecil memang bagus untuk melatihnya berkembang dan mengenal teknologi, tapi jangan terlalu sering karena selain berdampak pada kesehatan mata Si Kecil, hal itu akan mengurangi waktunya untuk melakukan interaksi sosial dengan teman sebayanya. Selain gadget, hal-hal seperti media transparan, serta kebiasaan memandang pada jarak yang sama juga bisa membuat mata Si Kecil minus. Jaid, perhatikan baik-baik ya, Mam.

 

Baca Juga: 

Tips Memilih Gadget Untuk Ibu Modern

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :