Pertolongan Pertama Bagi Sesak Nafas

Sesak napas memang bisa terjadi pada siapa saja dengan kondisi penyakit apapun yang mendasarinya. Penyakit ini termasuk ke dalam keluhan subyektif dan biasanya akan dirasa oleh seseorang ketika merasa tidak nyaman dan membuat penderitanya merasa sensasi berat dan nyeri. Biasanya sesak napas ini juga terjadi didukung dengan adanya gangguan pada paru-paru atau saluran pernapasan lainnya. Kondisi ini harus segera ditangani karena bisa membahayakan keselamatan si penderita. Berikut pertolongan pertama yang bisa Mam lakukan untuk seseorang yang terkena sesak napas.

Bawalah Penderita ke Tempat yang Lebih Tenang

Ketika Mam melihat ada seseorang yang melihat ada seorang yang sesak napas, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membawanya ke tempat yang lebih tenang dan jauh dari keramaian. Tidak perlu takut atau ragu, langsunglah bawa penderita jauh dari kerumunan  agar penderita bisa mendapatkan udara lebih banyak dan bisa menghirupnya dengan lebih lega dan nyaman.

Panggil Bantuan

Jika Anda merupakan orang pertama yang melihat ada seseorang yang sesak napas, segeralah meminta bantuan orang lain di sekitar atau memanggil ambulans. Mintalah bantuan pada 1-2 orang saja, karena jika terlalu banyak justru bisa membuat sesak napasnya semakin memarah. Memanggil ambulans tetap perlu dilakukan karena seseorang yang menderita sesak napas harus mendapatkan pertolongan medis secepat mungkin.

Jangan Membiarkan si Penderita berada dalam Posisi Tidur

Terkadang ada orang yang salah kaprah ketika menghadapi seseorang yang terserang sesak napas dengan secara spontan mengubah posisinya menjadi tidur. Padahal hal ini merupakan posisi yang salah, usahakan untuk memastikan si penderita berada dalam posisi duduk. Membuat si penderita dalam posisi duduk bisa membantu paru-parunya berkembang sehingga oksigen bisa lebih mudah masuk ke dalam paru-paru dan membuatnya kembali bernapas dengan normal.

Melonggarkan Pakaian Penderita

Selain membenarkan posisi duduk penderita, Anda juga bisa melonggarkan pakaian penderita agar kesulitan bernapasnya berkurang. Jika ia memakai kemeja, Anda bisa membuka kancing untuk melonggarkan pakaiannya, tapi jika ia memakai  kaos cara ini tidak berlaku. Kemeja yang dikancingkan hingga atas dan tidak dilonggarkan bisa mempengaruhi keparahan sesak napasnya.

Memijat Jempol Kaki Penderita

Setelah Anda membantu penderita dengan melonggarkan pakaian, pertolongan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memberikan pijatan pada jempol kakinya. Meskipun terdengar agak konyol, tapi cara ini bisa membuat paru-paru penderita bernapas normal. Pijatlah pada bagian atas jempol kaki karena itu merupakan titik saraf paru-paru. Lakukan pijatan ini dengan lembut dan perlahan, mengingat kalau dilakukan terlalu keras dikhawatirkan bisa memperparah kondisi penderita.

Mam, itulah beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk penderita sesak napas. Jika Anda sudah melakukan cara di atas tapi penderita tidak menunjukan tanda-tanda baikan, sebaiknya segera membawa penderita ke rumah sakit atau dokter terdekat.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :