Plus Minus dari Mandi di Malam Hari

Apakah Mam termasuk orang yang sibuk sehingga baru sampai rumah saat matahari sudah terbenam? Badan yang terasa lelah dan sudah berkeringat membuat Mam rasanya ingin mandi. Tapi bahaya mandi malam yang kerap Mam dengar mungkin membuat Mam takut untuk melakukannya. Tenang saja, mandi malam hari juga memiliki kelebihannya kok, Mam. Baca penjelasannya di sini.

Atasi Insomnia

Bila Mam mengalami insomnia atau susah tidur, hal ini bisa diatasi dengan mandi malam. Tetapi, Mam harus melakukannya dengan air hangat. Setelah mandi dengan air hangat, tubuh akan merasa lebih tenang. Detak jantung yang sebelumnya tinggi pun bisa melambat hingga membuat Mam mengantuk. Hal ini juga bisa membuat tidur Mam lebih pulas dari biasanya, lho.

Masih Ingin Bangun Sebentar Lagi? Mandi Malam dengan Air Dingin Bisa Membantu

Pulang kantor masih ingin nonton drama Korea atau melakukan hal lainnya sebelum tidur? Mam bisa mandi dengan air dingin untuk memberikan kesegaran yang pas untuk tubuh. Badan yang diguyur air dingin akan terasa lebih nyaman sehingga mata pun bisa terjaga selama beberapa waktu. Namun, Mam sebaiknya melakukan mandi air dingin ini dengan cara membasuh kaki terlebih dahulu, lalu perlahan-lahan naik ke atas.

Sebabkan Penuaan Dini

Mandi malam dengan air dingin yang dilakukan setiap hari bisa membuat metabolisme tubuh Mam terganggu. Akhirnya hal ini bisa berimbas pada kulit hingga terjadi penuaan dini. Karena itu, bila Mam ingin mandi air dingin sebaiknya tak dilakukan sering-sering, ya!

Resiko Asam Urat

Bila dilakukan terlalu sering, mandi saat malam hari bisa menyebabkan Mam terserang asam urat. Hal ini disebabkan oleh efek dari mandi malam yang bisa membuka pori-pori kulit di malam hari. Menyebabkan tubuh rentan menggigil dan menyebabkan nyeri sendi dan otot. Hasilnya, risiko terserang asam urat pun makin tinggi.

Selama tak dilakukan berlebihan, sebenarnya mandi malam tidak masalah. Memang lebih baik dilakukan dengan air hangat karena efeknya akan lebih baik untuk tubuh. Namun bila terpaksa dilakukan dengan air dingin, lakukan dari mengguyur telapak kaki hingga ke atas secara perlahan. Jangan langsung diguyur dari atas karena tubuh akan semakin mudah menggigil karenanya. Hal ini pun akhirnya bisa berpengaruh pada kondisi tubuh Mam. Bisa-bisa, Mam justru terserang demam karena mandi malam hingga menggigil. Hati-hati, ya!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :