Posisi Tidur yang Baik Ketika Sakit Perut

Tidur memang menjadi kebutuhan setiap makhluk hidup. Jika dalam satu hari saja kita kurang tidur, tentu badan terasa begitu tidak nyaman dan akhirnya mengganggu kesehatan tubuh kita sepanjang hari. Mam, tidur juga memiliki peran penting dalam proses penyembuhan ketika Anda sedang sakit. Tiap penyakit biasanya memiliki rentan waktu tidur yang berbeda sesuai dengan penyakit yang sedang dialami.

Tidak hanya waktu tidur, tapi posisi tidur juga memegang peran penting dalam proses penyembuhannya. Lalu, bagaimana posisi tidur yang baik ketika sedang sakit perut? Berikut penjelasannya.

Posisi Tidur Saat Maag Kambuh

Mam, jika Anda memiliki penyakit maag, disarankan untuk tidak tidur secara terlentang dan juga tidur menghadap ke kanan. Posisi tidur yang baik ketika sakit Maag adalah tidur dengan posisi tubuh mengarah ke kiri. Selain menghadap ke kiri, pastikan Anda juga menggunakan baju yang longgar agar tidak menekan lambung dan memicu naiknya asam lambung. 

Jangan langsung tidur setelah Anda makan, tunggulah sekitar 3-4 jam setelahnya baru pergi tidur. Hal ini dilakukan agar lambung Anda selesai mencerna makanan dengan baik dan membuatnya turun ke usus dan mengurangi kemungkinan menaiknya asam lambung.

Posisi Tidur Saat Asam Lambung Naik

Mam, sebenarnya penyakit asam lambung dan juga maag memiliki karakteristik yang mirip-mirip. Menurut penjelasan dari The Journal of Clinical Gastroenterology dan The American Journal of Gastroenterology mengatakan khusus untuk orang yang memiliki penyakit asam lambung, posisi tidur yang disarankan adalah tidur dengan tubuh miring ke kiri. Mengapa? Karena dalam posisi tidur tubuh ke kanan saluran antara perut dan kerongkongan bisa membuat lambung Anda terasa perih dan panas seperti terbakar.

Sedangkan kalau tidur dengan posisi tubuh ke kiri, saluran antara perut ke kerongkongan akan tertutup dan tidak menyebabkan asam lambung naik. Sebisa mungkin hindari posisi tidur ke kanan karena bisa memperburuk kondisi gangguan asam lambung perut Mam.

Posisi Tidur Saat PMS

Mam, saat menstruasi tentu Anda merasa terbatasi dalam gerak dan juga sulit menemukan posisi tidur yang tepat karena takut ‘bocor’ atau justru membuat sakit perut akibat PMS semakin parah. Ada beberapa posisi tidur yang bisa Anda pilih ketika sedang merasa sakit akiba PMS, salah satunya adalah dengan memilih posisi tidur seperti bayi di kandungan atau meringkuk.

Posisi ini merupakan cara terbaik untuk mengistirahatkan badan dan juga pikiran Anda. Caranya mudah, Anda hanya perlu tidur menyamping dan menekuk kaki ke arah perut. Cara ini bisa mengurangi tekanan pada otot perut dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat PMS.

Posisi Tidur Saat Nyeri Leher dan Punggung

Mam, namanya bekerja sebagai ibu sekaligus wanita karir, tentu hari-hari Anda terasa begitu melelahkan tapi ketika melihat senyum si kecil rasanya lelah itu pun sudah hilang. Biasanya kalau sudah banyak aktivitas maka punggung dan leher terasa nyeri, tak heran kalau setelah selesai Anda ingin sekali cepat-cepat melompat ke atas kasur dan istirahat.

Mam, tapi ketika Anda ingin tidur dalam keadaan nyeri leher dan punggung, sebaiknya Anda memilih menggunakan posisi tidur telentang. Jangan lupa untuk meletakkan bantal di bawah lutut Anda hingga tungkai akan tertekuk dan mengurangi rasa nyeri di punggung Anda.

Nah, kira-kira itulah beberapa posisi tidur yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit. Selain memiliki tidur yang cukup, jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak air putih ya, Mam!

 

Baca juga:

Menu Tumis Praktis Untuk Sarapan Keluarga

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :