Ternyata Anak Umur 1 Tahun Tidak Boleh Mengonsumsi Jus Buah

Sayur dan buah adalah dua makanan sehat yang mampu memasok kebutuhan nutrisi tubuh. Kandungan vitamin dan mineralnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, dua makanan ini wajib diberikan pada Si kecil agar ia tidak mudah sakit. Namun sayangnya, tak semua anak suka dengan buah-buahan sehingga mungkin Mam ingin menyajikannya dalam bentuk lain seperti jus. Nah Mam, perlu Mam ketahui bahwa Si Kecil yang berusia kurang dari satu tahun tidak disarankan untuk mengonsumsi buah, lho! Berikut alasannya.

Mengurangi Asupan Nutrisi Lainnya

Daya tampung perut Si Kecil tentu saja masih belum begitu besar sehingga makanan sedikit saja sudah cukup bisa membuatnya merasa kenyang. Begitu pun jika Mam memberinya jus buah. Memberikan jus buah pada Si Kecil yang berusia kurang dari satu tahun akan membuatnya kenyang sehingga ketika tiba waktunya makan, ia pun tidak memiliki nafsu makan. Hal ini tentu saja akan membuat asupan nutrisi lain terhambat.

Sistem Pencernaan Si Kecil Belum Stabil

Ini juga perlu diperhatikan. Sejak lahir, organ-organ tubuh Si Kecil akan terus berkembang hingga matang dan sempurna. Tak terkecuali organ pencernaannya. Ketika menginjak usia satu tahun, organ Si Kecil belum sepenuhnya berkembang sehingga ketika Mam memberikan jus buah untuknya, hal ini bisa berisiko mengganggu metabolisme pencernaannya. Salah satu akibatnya adalah Si Kecil bisa mengalami diare.

Mungkin Mam berniat memberikan jus buah untuk mengurangi rasa hausnya, namun pemberian jus buah bukanlah solusi yang tepat karena selain menyebabkan diare juga akan membuat Si kecil semakin haus lagi dan lagi.

Bisa Memicu Kegemukan

Ketika memberikan jus buah untuk Si Kecil, tidak mungkin Mam akan memberikannya begitu saja tanpa ditambah dengan pemanis seperti madu atau gula, bukan? Pada orang dewasa, asupan gula berlebih akan menaikkan kadar gula dalam darah sehingga bisa memicu obesitas dan diabetes. Begitu pula dengan Si Kecil. Si Kecil yang berusia kurang dari satu tahun diberi jus buah, maka bisa membuatnya ketagihan sehingga asupan gulanya pun juga akan semakin banyak di tubuhnya. Akibatnya, hal ini bisa memicu kegemukan pada tubuh Si Kecil.

Sebaiknya Diberi ASI Lebih Banyak

Di usia kurang dari satu tahun, Si kecil masih memerlukan ASI dalam jumlah yang cukup, walaupun sudah terlepas dari masa-masa ASI Eksklusif. Jika Mam memberinya jus buah, hal ini akan mengurangi porsi ASI yang akan didapatnya karena ia merasa kenyang. Padahal, ASI ini penting lho untuk pertumbuhannya. Oleh sebab itu, sebaiknya Mam tidak memberikan jus buah dulu ketika Si Kecil masih intens minum ASI.

Nah, jika Mam ingin memberinya jus buah, sebaiknya tunggu hingga ia berusia lebih dari satu tahun untuk memastikan organ pencernaannya sudah berkembang lebih lanjut. Namun ingat ya Mam, untuk kali pertama, sebaiknya tidak memberikan jus buah yang terlalu asam seperti lemon. Berikan jus melon, jambu batu, atau alpukat.

Baca juga :

Apa Yang Sebaiknya Diberikan Sebagai Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI)?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :