Ternyata, Kita Harus Ganti Bantal Guling 2 Tahun Sekali

Mam, kapan Anda terakhir mengganti bantal, guling, dan juga matras di rumah Anda? Mungkin belum banyak yang tahu kalau perlengkapan tidur seperti itu sudah seharusnya diganti secara berkala agar Anda dan keluarga pun tidak mudah terserang penyakit. Ketika tertidur, tanpa disadari manusia akan menumpahkan sel-sel kulit mati yang kemudian terjebak ke dalam serat kasur dan juga bantal yang digunakannya. Kondisi seperti ini merupakan surga para tungau debu yang akan hidup di dalam dan mengunyah sel-sel kulit mati yang tertinggal.

Bahkan setelah dua tahun sebanyak 10% dari berat bantal Anda bisa dipenuhi oleh sel-sel kulit mati yang kelak menjadi sarang untuk para tungau debu. Mengerikan sekali, kan, Mam? Tungau debu memang belum tentu menjadi penyebab dari beberapa alergi yang terjadi di tubuh seseorang, tetapi enzim yan berasal dari kotoran mereka bisa membuat diri Anda tersedak dan bersin-bersin.

Bantal-bantal menjadi tempat paling sering dijadikan sebagai rumah bagi para tungau debu, dan parahnya lagi setiap malam bantal itu digunakan setiap hari. Lalu bagaimana solusinya? Berikut penjelasannya.

Baca juga:

Siapkan Anak Anda Untuk Hari Pertamanya Di Sekolah

Jika Anda merasa ada salah satu anggota keluarga Anda yang sering mengalami bersin-bersin, maka solusi satu-satunya adalah untuk mengganti bantal tersebut. Namun, jika tidak ditemukan kasus seperti itu, maka langkah-langkah berikut bisa membantu Anda untuk melindungi tempat tidur dan peralatan tidur Anda terhindar dari tungau debu yang membahayakan bagi kesehatan.

  • Cucilah bantal Anda dan gunakan pengering pakaian untuk bulu-bulu bantal. Lalu jemur di bawah matahari agar bisa membunuh tungau yang tertinggal.
  • Setelah dijemur, tunggulah beberapa saat hingga kasur dan juga bantal Anda sejuk sebelum dipakaikan seprai dan juga sarung. Kondisi peralatan tidur yang hangat juga bisa membantu perkembangan tungau debu semakin cepat.
  • Mencuci seprai dan sarung bantal di suhu 60 derajat Celcius atau lebih bisa membunuh tungau
  • Rajin membersihkan rumah secara rutin juga bisa membantu mengurangi perkembangan tungau.

Mam, itulah alasan dibalik mengapa Anda harus mengganti bantal Anda secara teratur. Selain karena kulit mati, kotoran rambut dan juga minyak juga bisa menempel setiap hari pada bantal dan guling yang Anda gunakan. Bakteri juga akan sangan mudah berkembang biak pada bantal jika keadaan suhu kamar Anda lembap. Oleh karena itu, gantilah bantal dan guling Anda secara berkala.

Jika bantal dan guling disarankan untuk diganti setiap 2 tahun sekali, menurut National Sleep Fondation mengatakan untuk kasur dan matras sebaiknya diganti secara berkala selama 9 tahun hingga 10 tahun sekali. Penelitian lain yang dilakukan oleh sebuah tim dari Oklahama State University juga menemukan jika seseorang yang mengganti kasurnya tiap lima tahun sekali, maka kualitas tidurnya lebih bak dan bisa mengurangi risiko sakit punggung.

Tidak hanya itu, pendingin ruangan (AC) juga harus diganti secara rutin setidaknya setelah 15 tahun penggunaan. Melalui pemeliharaan yang baik, AC bisa bertahan hingga 15 tahun, Anda juga diharuskan untuk memeriksa dan membersihkan filter setiap enam minggu sekali terlebih lagi ketika cuaca lembap. Kondisi filter yang kotor juga bisa menyebabkan udara di sekitar ruangan Anda menjadi kotor dan membahayakan kesehatan keluarga Anda.

Selain peralatan tidur, sikat gigi juga harus rutin diganti selama tiga hingga empat bulan sekali. Sama seperti kasus bantal dan guling, fakta ini belum banyak diketahui banyak orang. Menurut rekomendasi American Dental Association, sikat gigi sebaiknya diganti setelah 3 hingga 4 bulan penggunaan.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :