Yoga Ternyata Membantu Kesembuhan Penderita Kanker

Kanker bukanlah penyakit main-main. Sering juga disebut tumor ganas, kanker adalah pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal sehingga bisa menyebar dan menyerang bagian tubuh lainnya. Kanker memiliki berbagai macam jenis, mulai dari kanker otak, kanker serviks, kanker hati, kanker pankreas, dan kanker organ tubuh lainnya.

Menderita kanker juga bisa membuat hidup seseorang berputar 180°. Dikutip dari situs web Mbg, Kate Menard, salah seorang mantan penderita kanker darah (limfoma), menceritakan kisah hidupnya sebagai remaja berusia 21 tahun yang sempurna tiba-tiba harus mengetahui bahwa dirinya adalah penderita kanker. Dari seorang gadis muda yang enerjik, aktif, dan bersemangat, Kate berubah menjadi seseorang yang lemah dan rapuh. Kulitnya pucat, lengannya penuh memar akibat jarum infus yang terus menusuk, rambutnya pun perlahan rontok sebagai efek kemoterapi yang dijalaninya.

Kate berusaha menerima dirinya yang baru. Ia selalu mencoba untuk berpikiran positif bahwa Ia tetaplah wanita cantik yang memukau. Tetapi, berapa kali Kate mencoba menang, sebanyak itu jugalah Ia merasa kalah. Tubuhnya, bentuk tubuhnya, dan wajahnya seperti asing buat Kate. Diceritakan Kate, momen itu adalah momen paling sulit, frustasi, dan tak berdaya yang pernah Ia alami. Sampai suatu hari, Kate memutuskan untuk melakukan yoga –yang nantinya akan mengubah segalanya.

Yoga adalah olahraga meditasi sekaligus olahraga tubuh dan pikiran. Selain untuk membantu tubuh lebih bugar, yoga juga dipercaya dapat mengurangi rasa stress dan gelisah. Tetapi, bagaimana yoga bisa membantu kesembuhan penderita kanker ya, Mam? Yuk simak!

  1. Melepaskan racun

Yoga dimanfaatkan oleh para penderita kanker untuk membersihkan racun yang terakumulasi selama menjalani kemoterapi. Selain itu, tidak hanya menstimulasi otot, yoga juga melancarkan peredaran darah, menyeimbangkan kelenjar, dan meningkatkan aliran limfatik di dalam tubuh. Semua aktivitas itu berguna untuk memurnikan bagian dalam tubuh. Mengatur pernapasan yang sering dilakukan dalam yoga juga melancarkan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalam sel-sel, membuatnya mengirimkan nutrisi penting ke sel yang lelah sehingga bisa membersihkan racun lebih lanjut.

  1. Menjernihkan pikiran

Menderita kanker bukanlah hal yang mudah, sangat mungkin jika pikiran sesorang menjadi runyam dan seperti ada yang terus berbicara di dalam kepala. Dengan semua kebisingan yang terjadi di dalam kepala, menjadi penting untuk menciptakan ruang dengan menenangkan pikiran. Untuk itu, melakukan yoga adalah solusi terbaik. Yoga akan mengajarkan Anda teknik mengatur pernapasan untuk rileks dan membawa ketenangan dalam pikiran.

  1. Sebagai olahraga sehari-hari

Walaupun sakit, berolahraga tetaplah menjadi kegiatan wajib karena bisa meningkatkan pertahanan alami untuk melindungi tubuh dari sel kanker yang menyerang. Jika berolahraga di gym mungkin sudah tidak bisa dilakukan, maka banyak dokter mulai menyarankan para penderita kanker untuk melakukan yoga. Selain dimanfaatkan sebagai terapi, yoga menggerakan seluruh bagian tubuh namun tetap dalam porsi ideal.

  1. Sebagai penyembuhan holistik

Karena penderita kanker pasti menjalani kemoterapi dan radiasi, maka yoga adalah aktivitas yang tepat untuk memperkuat tubuh, meningkatkan sistem imun, dan menghasilkan kenyamanan yang sulit didapatkan oleh penderita kanker pada umumnya. Bagi para penderita kanker yang masih dalam tahap pemulihan, dari operasi kanker payudara misalnya, yoga bisa membantu mengembalikan fleksibilitas seseorang dengan cara yang lembut dan seimbang.

Penderita kanker yang mengikuti yoga memang tidak 100% akan terbebas dari kanker. Tetapi setidaknya, itulah yang dialami oleh Kate Menard. Terhitung sejak tulisan Kate dimuat Agustus lalu di situs web Mbg, Kate sudah terbebas dari kanker selama lima tahun karena rutinitas yoga yang dijalaninya.

 

Baca juga:

Cah Kangkung, Menu Masakan Cepat & Mudah

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :