4 Cara Menjaga Vagina Agar Tetap Sehat

Mam, sebagai alat kelamin utama wanita, menjaga kesehatan vagina tentu saja menjadi hal yang penting. Salah satu hal paling sederhana yang bisa Mam adalah dengan menjaga makanan yang Mam konsumsi sehari-hari. Dengan menjaga makanan atau minuman yang masuk ke tubuh, Mam sama saja sedang memproteksi vagina Anda supaya terhindar dari risiko infeksi. Tidak hanya itu, makanan dan minuman tertentu bahkan bisa meningkatkan gairah hubungan seksual suami-istri lho, Mam. Oleh sebab itu, berikut 4 makanan dan minuman yang bisa membantu menjaga kesehatan vagina Mam:

  1. Apel

Buah khas Malang ini ternyata mengandung beberapa nutrisi yang baik bagi kesehatan vagina dan kehidupan seksual, dua diantaranya adalah polifenol dan antioksidan. Dua zat ini bertugas untuk merangsang aliran darah ke organ seksual dan phloridzin, sebuah senyawa yang juga berguna untuk meningkatkan gairah seks. Bahkan dikutip dari situs web theAsianParent, sebuah studi yang diterbitkan oleh Archives of Gynecology and Obstetrics menemukan bahwa mengonsumsi apel setiap hari bisa meningkatkan kehidupan seks wanita (mulai dari kepuasan seksual, kemampuan orgasme, hingga kemampuan untuk terangsang).

  1. Teh Hijau

Tidak hanya populer di kalangan anak muda saat ini, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Microbiology menjelaskan bahwa teh hijau mengandung katekin polifenol yang berfungsi untuk membunuh bakteri Escherichia coli (E. coli), salah satu bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kecing (urinary tract infection –UTI). Selain itu, kafein yang terkandung dalam teh hijau juga berguna untuk meredakan sakit pada gejala pra-menstruasi.

  1. Ikan berminyak (oily fish)

Yang dimaksud dengan ikan berminyak bukanlah ikan yang digoreng dengan teknik deep frying ya, Mam. Ikan berminyak adalah ikan yang memiliki daging dengan kandungan minyak yang cukup tinggi. Umumnya daging ikan berminyak bewarna merah, namun ada juga daging ikan berminyak yang bewarna putih (walaupun jumlahnya jauh lebih sedikit). Pada ikan yang memiliki daging merah, kandungan minyaknya mencapai angka 30% dari keseluruhan masanya. Sedangkan pada ikan putih, kandungan minyak terbanyak terkonsentrasi pada hati.

Dua jenis ikan berminyak paling terkenal adalah salmon dan makerel. Uniknya, sekalipun dua jenis ikan tersebut sempat dikategorikan ke dalam makanan yang tidak membuat vagina menjadi lebih sehat, namun vitamin D dan lemak asam omega-3 nya ternyata diperlukan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Ketika jantung Anda sehat, maka sirkulasi darah menjadi lancar. Ketika sirkulasi darah lancar, maka vagina Mam secara tidak langsung juga menjadi sehat.

  1. Produk kedelai olahan

Setelah menjalani persalinan, proses menyusui, hingga menopause, kesehatan vagina jauh menurun. Vagina menjadi lebih kering karena jumlah hormon estrogen yang rendah, dan seringkali membuat Mam tidak nyaman. Untuk meminimalisir ketidaknyamanan itu, Mam bisa mengonsumsi produk kedelai olahan seperti tempe atau edamame. Kedua makanan tersebut mengandung isoflavin, sebuah senyawa yang bisa meniru estrogen dan memberi keseimbangan.

Karena keempat makanan di atas termasuk yang sangat mudah ditemukan, maka tidak ada alasan lagi untuk Mam tidak lagi menjaga kesehatan vagina ya!

 

Baca juga : 

Deteksi Buta Warna Pada Anak Dengan Tes Ishihara

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :