Berlatih Yoga Saat Mens? Ini Caranya

Yoga saat mens memang terkadang tak disarankan, tetapi bagi Mam yang tetap ingin mengikutinya berikut tips-tipsnya dari kami agar tubuh tak terasa terlalu lelah dan mens tetap lancar setelahnya.

Jangan Memaksa

Mam termasuk orang yang sangat semangat ketika yoga? Mam juga termasuk dari orang yang kerap memaksakan diri ketika beryoga? Sebaiknya jangan lakukan dua hal tesebut ketika sedang mens. Tubuh yang sedang mens justru bisa merasakan sakit berlebih ketika dipaksa melakukan beberapa gerakan yoga, apalagi bila dipaksa.

Hal ini juga bisa berimbas pada kelancaran menstruasi Mam. Beberapa orang mens-nya mendadak berhenti baru lancar kembali setelah dua atau tiga hari pasca latihan yoga. Karena itu, Mam tak sebaiknya terlalu memaksa ya!

Isi Tubuh dengan Cairan

Meski beberapa kelas yoga tidak menyarankan Mam untuk mengisi cairan selama olahraga, namun saat mens Mam harus mengisinya.

Tubuh orang yang sedang mens dan tidak itu berbeda, ketika tidak mens Mam mungkin merasa cukup kuat untuk terus beryoga tanpa cairan. Namun ketika mens, sebaiknya isi sedikit demi sedikit agar tak cepat merasa pusing.

Perhatikan Posisi dengan Benar

Posisi saat yoga ketika mens harus benar, agar tidak memberikan efek samping bada tubuh dan juga menghentikan keluarnya darah mens. Posisi yang kurang benar bisa menghambat keluarnya mens, bila ragu sebaiknya minta bantuan pada instruktur.

Jangan Lupakan Pembalut yang Baik

Pembalut yang baik bisa menyelamatkan Mam dari kebocoran ketika mens dan melakukan yoga. Pilih pembalut dengan sayap dan dengan ukuran panjang agar hal-hal yang tak diinginkan tidak terjadi.

Baju pun Bisa Mempengaruhi Performa

Selain pembalut, Mam juga harus memilih baju yang sesuai. Ketika mens, garis pembalut bisa terlihat jelas bila Mam menggunakan celana ketat. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan celana yang lebih longgar agar kenyamanan saat yoga tetap terjaga.

Mam juga sebaiknya tak menggunakan baju ketat karena umumnya saat mens orang akan merasakan perut yang membesar. Hal ini bisa mengurangi kenyamanan.

Yoga adalah tentang rasa nyaman, karena itu Mam tak sebaiknya memaksa ikut kelas yoga yang terlalu susah ketika mens. Mam juga tak masalah lho untuk rehat dulu dari yoga selama mens dan memilih olahraga lain!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :