Cara Mencukur Bulu Ketiak

cara mencukur bulu ketiak

Setiap wanita ingin memiliki ketiak yang bersih dan bebas dari bulu-bulu ketiak yang terkadang mengganggu. Bulu ketiak yang rimbun membuat tak nyaman, hingga menjadi penyebab daerah di ketiak bau.  Biasanya, banyak wanita yang memilih mencukur sendiri bulu ketiaknya, lantas sudah benarkah cara yang dilakukan?

Seorang wanita dengan ketiak rimbun tentu membuat tidak nyaman. Kulit mulus, wajah cantik, badan langsing, penampilannya tetap ada yang kurang jika ternyata ketiaknya penuh dengan bulu yang jarang dibersihkan. Saat menggunakan gaun cantik tak berlengan, Anda akan merasa kurang percaya diri ketika bulu ketiak ternyata masih dibiarkan rimbun. Hem… apa pendapat orang yang melihatnya ya?

Selain dapat mengganggu penampilan seseorang, bulu ketiak yang tidak dibersihkan juga dapat menimbulkan bau tak sedap. Hal ini tentu juga membuat hari-hari tak nyaman dan orang-orang di sekeliling kita pun akan terkena dampaknya. Bulu ketiak ini muncul ketika seorang wanita mulai menjalani masa pubertasnya.

Banyak para wanita kemudian melakukan berbagai cara untuk menghilangkan bulu ketiak untuk mendukung penampilan. Meski bulu ketiak berada di bagian tersembunyi di dalam tubuh, tetap saja harus selalu dibersihkan supaya tidak mengganggu penampilan dan tubuh segar setiap hari. Sebagian wanita dan juga para ibu lebih memilih mencukur bulu ketiaknya sendiri di rumah. Bagaimana dengan Anda, apakah juga selalu mencukurnya di rumah? Saat ini banyak pula salon kecantikan yang juga menawarkan pelayanan waxing untuk mengatasi bulu ketiak. Namun, karena alasan tak punya banyak waktu dan lain sebagainya, lantas banyak yang memutuskan mencukur bulu ketiaknya sendiri dengan alat pencukur. Tak banyak yang tahu bahwa kesalahan mencukur bulu ketiak bisa menyebabkan kulit ketiak berwarna gelap atau bahkan iritasi. Oleh karena itu, mencukur bulu ketiak ini harus dilakukan dengan benar supaya bulu ketiak bersih dan tentunya mendukung penampilan Anda.

Beberapa cara mencukur bulu ketiak supaya terhindar dari iritasi kulit dan warna kulit ketiak tetap cerah bisa Anda lakukan berikut ini.

  • Scrubbing
    Seperti yang diungkapkan dalam Huffingtonpost.com, untuk mencukur bulu ketiak sebaiknya dilakukan scrubbing terlebih dahulu. Scrubbing ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan menghindari dari risiko iritasi dan kulit perih. Lakukan scrubbing paling tidak satu hari sebelum mencukur bulu ketiak.
  • Pilih pisau cukur yang baik
    Pisau cukur dengan kepala berputar akan menghasilkan cukuran yang lebih baik dan memperkecil risiko terjadinya luka. Anda juga bisa memilih pisau cukur yang memang khusus untuk wanita yang dilengkapi pegangan karet.
  • Ganti pisau cukur setelah dipakai 4 kali
    Kalau Anda memilih mencukur bulu ketiak sendiri menggunakan pisau cukur, sebaiknya perhatikan pisau cukur yang Anda gunakan. Ganti pisau cukur yang telah digunakan untuk mencukur bulu ketiak maksimal 4 kali pemakaian. Pisau yang sudah terlalu sering dipakai biasanya sudah tak tajam dan akan lebih mudah terpapar kuman.
  • Dalam kondisi lembab
    Anda bisa mencukur bulu ketiak dalam kondisi kulit ketiak lembab. Pada kondisi kulit ketiak lembab, bulu-bulu yang tumbuh di kulit ketiak ini lebih lembut dan akan lebih mudah untuk dicukur dan dibersihkan. Untuk membuat ketiak lembab, Anda bisa membasuh air hangat terlebih dahulu, baru kemudian dicukur atau bisa pula dilakukan usai mandi.
  • Lakukan di malam hari
    Malam hari merupakan waktu di mana sel-sel kulit akan mengalami regenerasi dan akan pulih dengan maksimal, sehingga mencukur di malam hari lebih tepat untuk dilakukan. Usai bercukur, beri lotion lembut untuk menenangkan kulit yang biasanya sensitif karena bulu-bulu ketiak dicukur. Lotion yang dioleskan di ketiak usai bercukur akan membuat kulit ketiak lebih rileks.

Nah, sekarang Anda sudah tahu cara yang benar dalam mencukur bulu ketiak. Jangan sampai sembarangan mencukur hingga membuat kulit ketiak berwarna gelap dan iritasi. Kalau hal ini sampai terjadi, meski bulu ketiak bersih, tetap saja Anda malu menggunakan baju tak berlengan karena malu warna kulit ketiak Anda gelap.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit ketiak yang gelap seperti menghilangkan bulu dengan waxing, penggunaan lemon, krim pencerah, dan mengganti deodorant. Menghilangkan bulu dengan waxing ternyata bisa menghindarkan kulit ketiak dari warna gelap. Dengan waxing, bisa sekaligus menghilangkan kulit yang mati di daerah ketiak dan membuatnya lebih cerah. Lemon merupakan buah yang bermanfaat dalam menghilangkan noda, termasuk noda gelap di kulit ketiak. Jika Anda ingin kulit ketiak cerah, sebelum mandi bisa menggosokkan lemon di kulit ketiak, lalu diamkan sekitar 5-10 menit baru kemudian dibilas dengan air dan dapatkan kulit ketiak yang cerah. Krim pencerah yang digunakan untuk mencerahkan kulit juga bisa diaplikasikan untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam jika masalahnya pigmentasi kulit. Nah, terakhir, Anda bisa mengganti deodorant yang Anda pakai karena bisa jadi menjadi penyebab kulit ketiak menghitam.

Dewi Novianingsih, adalah seorang ibu yang gemar menulis. Ia pun tertarik pada dunia wanita dan parenting. Mama baru yang memilih menulis di sela-sela kesibukannya mengasuh buah hatinya ini pernah menjadi editor di beberapa penerbit dan agensi naskah selama 5 tahun. Kini, ia ingin berbagi bersama para ibu dengan tulisannya.

Related Posts

Comments :