Studi Menunjukkan Bahwa Sering Minum Coca-Cola Akan Membuat Si Kecil Cepat Menstruasi

Mam, kita semua sudah tahu kalau minum berkadar gula tinggi seperti soda bisa menyebabkan tubuh kita menggalami peningkatan berat badan (BMI). Tapi, dalam sebuah studi terbaru, ditemukan hal yang mengejutkan terkait dengan minuman berkadar gula tinggi. Dalam studi tersebut ditemukan kalau adanya kaitan minuman Sugar Sweetened Beverages (SSB) dan juga awalnya periode mestruasi. Secara garis besar, penelitian tersebut mengatakan kalau anak perempuan yang mengkonsumsi lebih dari 1,5 porsi SSB per hari akan cenderung mendapatkan menstruasi lebih cepat 2,7 bulan dari sebelumnya.

Penelitan

Penelitian yang dilakukan oleh The Growing Up Today dikutip dari halaman theasianparent.com, melibatkan sekitar 16. 875 anak perempuan dari 50 negara bagian di Amerika Serikat. Penelitian ini memiliki fokus dalam hubungan antara SSB dan juga periode menstruasi awal. Para peneliti akan meneliti bagaimana pola konsumsi anak-anak pada minuman non-karbonat, soda manis, diet soda, jus, dan es teh  pada sekitar 5583 anak perempuan yang belum menstruasi pada usia 9 dan 14 tahun.

Para peneliti menemukan kalau anak gadis yang mengkonsumsi sekitar 10.5 porsi SSB per minggu (1,5 porsi per hari) cenderung masuk ke periode mestruasi 2.7 bulan lebih awal daripada anak perempuan yang mengkonsumsi gula kurangd ari 2 porsi per minggu. Jumlah terjadinya menstruasi tertinggi pada anak yang mengkonsumsi lebih dari 1,5 porsi per hari.

Mengapa Hal ini Bisa Terjadi?

Minuman bersoda manis dan minuman buah yang tidak berkarbonasi menjadi penyebab utamanya. Tingginya konsumsi yang mani-manis bisa meningkatkan jumlah insulin yang beredar dalam tubuh, sehingga ketika insulin bertambah maka konsentrasi hormon seks pun menjadi lebih tinggi. Jadi semakin dini kebiasaan mengkonsumsi minuman berkadar gula tinggi maka semakin cepat pula periode menstruasinya. Tapi bukan berarti Anda bisa membiarkan si kecil untuk meminum soda lebih muda.

Menghadapi periode menstruasi lebih awal bukan berarti ada permasalahan sama sekali. Kondisi ini juga bisa dikaitkan dengan kanker payudara, kanker endometrial, permasalahan menstruasi, dan obesitas. Sedangkan untuk permasalahan psikologis yang terkait dengan kondisi menstruasi lebih cepat belum sepenuhnya dipelajari. Tapi jika dibayangkan seorang gadis yang sebenarnya belum termasuk usia pubertas tapi tidak terlalu berusia kecil sudah menunjukkan tanda-tanda pubertas. Secara sederhana, menstruasi memang tidak seharusnya datang lebih awal dari usia seharusnya.

Mam, untuk menghindari kondisi ini, cara yang paling jelas untuk Anda lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi minuman manis bagi seluruh anggota keluarga. Tidak hanya untuk anak perempuan, mengkonsumsi makanan atau minuman berkadar gula tinggi berlebihan bisa sangat berbahaya. Apalagi ancaman atau peningkatan risiko terhadap penyakit serius seperti diabetes, obesitas, jantung, dan penyakit lainnya.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :