Ternyata, Renang Saat Hamil itu Diperbolehkan, Lho!

Renang sepertinya terdengar sebagai olahraga yang kurang pas untuk ibu hamil. Padahal, berenang bisa memberikan banyak manfaat untuk Mam, baik yang sedang hamil. Apa saja ya?

Tingkatkan Sirkulasi Udara

Saat berenang, Mam Bisa meningkatkan kerja paru-paru yang berimbas pada naiknya sirkulasi udara. Dengan sirkulasi udara yang baik dalam tubuh, Mam tak akan mudah merasa sesak ketika rahim membesar.

Kuatkan Otot Rahim

Berenang memerlukan banyak pergerakan di area bawah tubuh Mam, membuatnya bisa melatih otot rahim serta panggul. Dengan otot rahim dan panggul yang terlatih, persalinan Mam akan lebih lancar karena cukup lentur dan kuat.

Hilangkan Kebosanan

Kebosanan yang melanda saat hamil bisa berakibat pada stres. Ketika Mam stres, tentu akan berpengaruh pada si jabang bayi. Oleh karena itu, renang bisa menjadi kegiatan alternatif untuk Mam. Berenang bisa mengurangi kebosanan akibat aktivitas rutin. Tidur pun akan jadi lebih nyenyak ketika malam hari.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Mam merasa cepat lelah dan sakit saat hamil? Bisa jadi karena kurang gerak. Renang bisa menjadi pilhan aktivitas yang baik untuk mengatasi hal tersebut. Berenang secara rutin tak hanya mampu menghilangkan kebosanan, tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh. Hasilnya, Mam tidak akan mudah sakit dan jabang bayi pun tetap sehat.

Atasi Rasa Tak Nyaman Karena Oedema

Oedema atau pembengkakan yang sering terjadi saat seseorang hamil pada usia kehamilan trimester ketiga memang bisa memberikan rasa tak nyaman pada tubuh. Renang secara rutin dengan gerakan santai bisa membantu Mam untuk mengatasinya. 

Memang ada beberapa pertimbangan ketika Mam berenang saat hamil, salah satunya adalah usia kehamilan. Berenang sebaiknya dilakukan oleh Mam yang sudah memiliki usia kehamilan tujuh bulan ke atas. Hal ini disebabkan oleh usia kandungan sudah tergolong stabil dan kuat.

Mam juga sebaiknya tak melakukan gerakan renang yang berlebihan karena ini bisa membahayakan. Sebaiknya, lakukan gerakan pelan saja dan secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari olahraga satu ini.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :