Khasiat Sayur dan Buah untuk Anak

Photo Credit: pexels

Sayur dan buah merupakan sumber nutrisi yang baik untuk perkembangan anak. Namun, terkadang anak enggan untuk mengonsumsinya karena rasanya tidak seenak fast food atau makanan ringan dengan tambahan zat aditif. Selain baik untuk perkembangan anak, di bawah ini terdapat beberapa alasan mengapa sayur dan buah baik untuk Si Kecil.

Menurunkan Risiko Obesitas

Saat ini, obesitas tidak hanya mengintai orang dewasa saja tetapi juga anak-anak. Hal ini dikarenakan pada zaman sekarang orangtua cenderung memberikan fast-food dan junk food untuk anak karena alasan kepraktisan semata. Padahal, jika obesitas telah menyerang anak-anak, risiko untuk terserang penyakit berbahaya lainnya juga akan meningkat.

Untuk itu, Mam perlu mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi Si Kecil. Sebagai pengganti fast-food dan junk food untuk camilan anak, berikan buah dan sayuran. Buah-buahan seperti jeruk atau pisang memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, rasanya enak da cocok untuk lidah anak-anak.

Meningkatkan Motorik Anak

Ternyata, untuk mendapatkan manfaat dari sayur dan buah, tidak harus dengan mengonsumsinya. Untuk Si Kecil, sayur dan buah juga bisa dilibatkan untuk meningkatkan motorik anak. Aktivitas seperti memeras jeruk, mengupas jagung dan menumbuk kentang ternyata dapat merangsang saraf motorik anak.

Ajak Si Kecil untuk terlibat dalam aktivitas memasak. Minta ia untuk mengupas jagung atau menumbuk kentang. Mengupas jagung melatih kemampuan anak untuk menggenggam dan menumbuk kentang baik untuk meningkatkan kekuatan jemari Si Kecil. Sebelum itu, pastikan untuk menjauhkan anak dari benda tajam dan api ya Mam.

Menjaga Emosi Anak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Gothenburg, Swedia, anak-anak yang mengonsumsi makanan yang sehat cenderung memiliki emosi yang stabil. Jenis makanan sehat yang dikonsumsi oleh anak-anak dalam penelitian itu termasuk buah-buahan dan sayuran. Dengan konsumsi yang rutin, emosi mereka terbukti menjadi lebih stabil.

Tidak hanya emosi menjadi lebih stabil, anak-anak yang rutin mengonsumsi buah dan sayur mampu berkomunikasi dengan lebih baik. Self-esteem mereka juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi buah dan sayur. Supaya lebih maksimal, konsumsi buah dan sayur harus diimbangi dengan diet gula dan lemak.

Melancarkan Metabolisme Tubuh

Buah dan sayur memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme. Proses metabolisme penting untuk mengolah karbohidrat menjadi sumber tenaga bagi tubuh. Selain itu, tanpa adanya serat yang cukup maka tubuh tidak dapat mengeluarkan zat-zat yang seharusnya dibuang.

Mengajak anak untuk mengonsumsi sayur dan buah mungkin bukan merupakan perkara mudah. Padahal, keduanya memiliki kandungan nutrisi dan khasiat yang melimpah seperti di atas. Cobalah untuk melakukan variasi dalam mengolah buah dan sayur supaya khasiatnya tetap bisa dirasakan Si Kecil ya Mam.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :