Mam, Waspadai 5 Penyebab Diabetes Ini!

Penyebab diabetes, diabetes, kesehatan Photo Credit: Pexels

Menjalani kehidupan sehari-hari akan diisi dengan berbagai kegiatan. Dari berada di rumah, di jalan, hingga di kantor, semua akan dipenuhi dengan aktivitas yang harus dilakukan agar semua berjalan dengan lancar.

Dalam melakukan aktivitas harian tersebut, tubuh Mam memiliki risiko terserang penyakit apabila tidak dijaga dengan baik. Salah satu yang paling berbahaya adalah diabetes. Walau identik dengan penyakit yang biasanya menyerang tubuh yang semakin menua, diabetes juga bisa menyerang anak usia muda karena berbagai hal. Untuk itu, Mam harus mewaspadai lima penyebab diabetes ini agar terhindar dari penyakit yang membahayakan ini.

Obesitas

Penyebab pertama diabetes dan sering dialami oleh banyak orang adalah obesitas. Dengan tubuh yang kelebihan berat badan, itu akan membuat tubuh tidak merespon insulin, zat yang dibutuhkan untuk menahan gula darah agar tidak terlalu tinggi.

Untuk itu, bagi Mam yang ingin mengetahui apakah tubuhnya obesitas atau tidak, bisa melihat petunjuk lewat internet tentang kecocokan berat badan dengan tinggi tubuh. Jika memang hasilnya obesitas, lebih baik segera lakukan diet agar dijauhkan dari obesitas yang sangat menyiksa jika sudah mengenai tubuh Mam.

Pola makan yang buruk

Penyebab kedua diabetes dan sering dilakukan oleh banyak orang adalah pola makan yang buruk. Kenikmatan makanan yang sekarang banyak dijual dan padatnya aktivitas membuat Mam bisa mengonsumsi makanan tanpa mengatur pola makan.

Dengan pola makan yang buruk, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh membuat tubuh tidak bisa menerimanya dengan baik dan hanya akan menjadi racun yang berbahaya. Apalagi ketika itu berhubungan dengan makanan junk food serta berminyak yang tentunya membahayakan. Agar bisa terhindar dari diabetes, segera atur pola makan dengan baik dan tahan nafsu makan agar tidak sering mengkonsumsi makanan yang bisa membahayakan tubuh.

Rokok dan alkohol

Penyebab ketiga diabetes dan sering dilakukan oleh banyak orang adalah rokok dan alkohol. Kebiasaan merokok yang berbahaya untuk tubuh dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan akan menyiksa tubuh secara berkala.

Zat-zat berbahaya di dalam rokok serta alkohol menyebabkan risiko tubuh terkena diabetes menjadi lebih besar lagi. Lebih baik segera jauhi dua benda itu agar diabetes tidak muncul di dalam tubuh.

Infeksi virus

Penyebab keempat diabetes dan tidak disadari oleh banyak orang adalah infeksi virus. Ya, tidak hanya dari gaya hidup saja, tapi infeksi virus juga bisa menyebabkan diabetes.

Infeksi virus yang bisa menyebabkan diabetes adalah coxsackievirus B, cytomegalovirus, adenovirus, rubella, dan gondong. Dengan terserang virus ini, maka sel-sel dalam tubuh akan rusak sehingga rentan terhadap diabetes. Untuk itu, gaya hidup sehat perlu dilakukan agar terhindar dari infeksi virus yang berbahaya ini.

Faktor keturunan

Penyebeb kelima diabetes dan menjadi hal yang paling menakutkan adalah faktor keturunan. Dari gaya hidup, virus, hingga faktor keturunan bisa menyebabkan munculnya diabetes yang merusak tubuh secara perlahan.

Namun, perlu diingat, faktor keturunan diabetes dari orang tua bukan berarti membuat Mam pasti terkena diabetes, tapi risiko tubuh terserang diabetes akan jauh lebih besar lagi dibandingkan orang lain yang orang tuanya tidak memiliki riwayat penyakit ini.

Jika memang sudah mengetahui ada keturunan keluarga yang mengidap diabetes, maka jagalah tubuh agar tetap sehat dan meminimalisir bahaya penyakit yang berhubungan dengan gula darah ini.

 

Itulah lima penyebab diabetes yang perlu Mam ketahui agar bisa mengantisipasi pada waktu mendatang. Semoga info ini bermanfaat dan Mam bisa tetap menjaga kesehatan tubuh.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :