Mam, Yuk Cari Tahu Manfaat Daging Ayam untuk Kesehatan!

Photo Credit: pexels

 

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang paling mudah diolah sehingga menjadi favorit banyak orang. Ternyata, selain mudah untuk olah, daging ayam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Mam bisa mengetahui jawabannya di bawah ini.

Sumber Protein Hewani

Menurut temuan dari USDA, dalam 100 g daging ayam terpadat kandungan protein sebesar 18 g. Khusus bagian dada, kandungan proteinnya bahkan lebih tinggi, mencapai 31 g (per 100 g). Dengan kandungan protein yang sebesar itu, daging ayam mampu menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh Mam.

Protein hewani dibutuhkan oleh tubuh karena kandungan asam amino di dalamnya. Asam amino diketahui sebagai bahan utama penyusun otot manusia. Rekomendasi jumlah protein yang dibutuhkan manusia adalah sesuai dengan berat badannya. Katakanlah berat badan Anda 50 kg, maka protein yang dibutuhkan adalah 50 g. Konsumsi 100 g daging ayam sendiri sudah mampu mencukupi kebutuhan protein harian.

Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah Mam ketahui, daging ayam kaya akan kandungan protein. Menjaga pola makan dengan memperbanyak konsumsi protein telah diyakini dapat menurunkan berat badan. Apabila Anda berniat untuk menurunkan berat badan maka daging ayam merupakan sebuah pilihan yang tepat. Selain kaya akan protein, daging ayam (terutama bagian dada) juga rendah kalori.

Mengurangi Kadar Kolestrol

Daging putih seperti daging ayam dan ikan dikenal memiliki lemak jenuh dan kadar kolestrol yang lebih rendah jika dibandingkan dengan daging merah (daging sapi, misalnya). Menurut American Heart Association (AHA), mengonsumsi daging ayam dalam jumlah tertentu akan menurunkan risiko kolestrol dan penyakit jantung

Stabilkan Tekanan Darah

Apabila Mam memiliki masalah dengan tekanan darah, entah tekanan darah tinggi atau rendah. Hal tersebut tentu akan mengganggu aktivitas Anda. Cara yang dapat Anda lakukan untuk menstabilkan tekanan darah adalah dengan menjaga pola makan. Biasanya, makanan yang harus dihindari adalah makanan yang memiliki kadar natrium tinggi.

Daging ayam bisa menjadi alternatif yang baik untuk menstabilkan tekanan darah. Daging ayam selain rendah natrium juga rendah kolestrol sehingga dapat menurunkan tekanan darah karena kadar kolestrol yang tinggi. Bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah, daging ayam memiliki folat yang bisa meningkatkan tekanan darah.

Sebagai Obat Flu

Mam mungkin sering mendengar sup ayam sebagai obat terbaik untuk flu. Hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya salah. Saat daging ayam dimasak, kandungan asam amino sistinnya akan terlepas. Zat ini baik untuk mengobati gangguan pada saluran pernafasan terutama pada bagian paru-paru dan bronkus.

Seperti yang terlihat, daging ayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi Mam, yuk konsumsi daging ayam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :