Manfaat Sayuran Hijau untuk Ibu Hamil

Mam, menjaga pola makan pada masa kehamilan merupakan sebuah kewajiban. Dengan nutrisi yang tepat, Mam dapat menghindari berbagai risiko penyakit yang mungkin menyerang Mam dan Si Kecil di dalam kandungan. Menjaga pola makanan juga dapat membantu Mam untuk kembali pada berat badan awal.

Salah satu jenis makanan yang perlu dimasukkan dalam menu makanan ibu hamil adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Yuk Mam, simak manfaat sayuran hijau untuk ibu hamil pada ulasan berikut ini!

Sumber Asam Folat

Asam Folat telah terbukti penting bagi perkembangan sistem saraf janin dan dapat mencegah Neutral Tube Defects (NTD) yang bisa menyebabkan kecacatan pada bayi. NTD dapat terjadi karena kurangnya asam folat pada saat masa pembentukan otak dan tulang belakang pada janin. Oleh karena itu, Mam tidak dapat melewatkan asupan zat yang satu ini pada masa kehamilan.

Mam bisa meningkatkan asupan folat dengan mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau seperti brokoli, kubis, dan zucchini dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan akan asam folat selama masa kehamilan. Mam bisa mulai menambahkan jenis sayuran ini saat dinyatakan hamil dan meningkatkan jumlahnya pada saat kehamilan menginjak usia tiga bulan.

Mengatasi Anemia

Ibu hamil rentan terkena anemia, karena kebutuhan akan produksi darahnya meningkat. Anemia umum ditemukan pada ibu hamil yang menginjak trimester pertama. Meski bukan penyakit yang berat, jika tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan bayi lahir premature. Untuk itu, dibutuhkan asupan zat besi yang berguna untuk pembentukan darah.

Zat besi bisa diperoleh dari suplemen makanan. Namun, ada baiknya Mam melirik makanan yang memang kaya akan zat besi. Makanan yang kaya akan zat besi salah satunya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam jika dikonsumsi secara rutin dapat memenuhi kebutuhan tubuh Mam akan zat besi selama mengandung.

Sedikit info, dalam masa kehamilan Mam akan membutuhkan setidaknya 27 mg zat besi dan 9 mg pada masa menyusui. Bayam sendiri memiliki kandungan zat besi sebesar 27 mg tiap kilogramnya. Mam bisa menyusun menu sehari-hari dengan mengombinasikan bayam dan jenis makanan lain yang kaya zat besi seperti daging merah.

Mencegah Preeklamsia

Preeklamsia merupakan sebuah penyakit komplikasi yang terjadi pada masa kehamilan. Gejalanya adalah tekanan darah tinggi berkepanjangan yang disertai dengan kerusakan organ (umumnya kerusakan pada ginjal). Mam mungkin lebih mengenal penyakit ini dengan hipertensi yang diinduksi kehamilan.

Umumnya, gejala preeklamsia muncul pada saat kandungan berusia 24-26 minggu. Jika tidak ditangani dengan baik, komplikasi ini dapat menyebabkan eklamsia yang sangat berbahaya bagi keselamatan ibu dan bayi.

Kandungan serat dalam sayuran hijau dapat melindungi Mam dari risiko terserang preeklamsia ini. Menurut penelitian dalam American Journal of Hypertension, wanita yang mengonsumsi setidaknya 21,2 gram serat setiap harinya, potensinya untuk tidak terjangkit preeklamsia meningkat hingga 67 persen.

Itu dia manfaat sayuran hijau bagi ibu hamil. Ternyata, banyak sekali manfaat yang dimiliki jenis sayuran ini. Dengan kandungan serat, asam folat, zat besi, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, dan potassium, sayuran hijau akan membantu memenuhi kebutuhan Mam dan janin. Jadi Mam, yakin mau melewatkan sayuran hijau dari menu makanan Mam?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :