Mengecek Kesehatan Tubuh dari Kondisi Kuku

Mungkin Mam adalah salah satu orang yang selalu mengecek kerapian kuku, atau bahkan setiap sebulan sekali atau bahkan 2 minggu sekali melakukan perawatan kuku. Tetapi apakah Mam tahu bahwa sebenarnya kita bisa menilai dan melihat apakah tubuh Mam ini sehat atau tidak hanya dengan melihat kuku. Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif, walaupun cukup relatif cukup kuat. Jadi ketika ada perubahan yang signifikan terhadap kuku Anda, coba perhatikan apakah ada gelagat yang tidak baik di dalam tubuh Anda.

Lalu bagaimana caranya mengecek kesehatan tubuh dari kondisi kuku? Pertama yang harus Mam lakukan adalah melihat warna dari kuku, tetapi harus diingat apakah perubahan warna dari kuku tersebut benar-benar tidak terkena efek seperti terbentur atau terjepit. Kedua adalah warna kuku ini ada bermacam-macam, Mam harus bisa membedakan. Simak perbedaan warna kuku di bawah ini.

Kuku berwarna putih

Jika kuku Mam berwarna putih, ada kecenderungan bahwa adanya gangguan ginjal, hati sampai anemia. Biasanya kuku Mam akan berubah berwarna putih ini ditandai dengan garis-garis putih seperti, dan lama-lama akan berubah menjadi putih. Biasanya kuku putih ini merupakan dampak kekurangan protein.

Bintik-bintik putih

Selanjutnya adalah bintik-bintik putih pada kuku yang sering muncul, jika Mam lebih teliti memperhatikan. Biasanya bintik putih ini muncul di bagian bawah kuku. Biasanya bintik putih pada kuku ini muncul karena luka pada kuku, tetapi terkadang juga ada yang aneh dari kesehatan tubuh Mam. Bintik putih ini tandanya terkadang keracunan atau kekurangan seng (zat besi) pada tubuh.

Kuku berwarna biru

Ini adalah hal yang cukup jarang terjadi, tetapi juga bisa terjadi, yaitu kuku berwarna biru. Nah jika kuku Mam tiba-tiba berwarna biru padahal sebelumnya tidak pernah terbentur ataupun terjepit, itu bisa jadi ada tanda-tanda bahwa yang ada di dalam tubuh Mam. Kuku berwarna biru seperti bengkak ini ada tanda-tanda tidak beres terhadap saluran pernafasan Mam. Mulai dari gangguan paru-paru sampai penyakit paru-paru.

Sebenarnya masih cukup banyak lagi tanda-tanda kesehatan Mam ada yang tidak beres jika dilihat dari kesehatan kuku. Semoga tetap sehat ya Mam.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :