Nyeri Payudara? Bisa Jadi Mam Salah Pilih Bra!

Nyeri payudara, pilih bra, bra, payudara, kesehatan, kesehatan payudara Photo Credit: Pexels

Nyeri pada payudara bisa dialami oleh setiap wanita dengan beberapa alasan. Misalnya saja saat akan datang bulan. Produksi hormon estrogen menjadi lebih tinggi hingga menyebabkan payudara tegang, sensitif, dan nyeri. Kondisi payudara yang nyeri juga bisa dialami oleh ibu hamil karena produksi hormon untuk merangsang kelenjar susu sebagai persiapan untuk menyusui buah hati.

Tetapi, jika Mam tidak sedang hamil atau akan menstruasi, apakah yang menyebabkan payudara menjadi sangat nyeri? Jawabannya bisa jadi karena Mam salah pilih bra yang dikenakan. Bra dengan ukuran dan bentuk yang tidak sesuai bisa menimbulkan rasa tidak nyaman yang Mam rasakan. Berikut penjelasan selengkapnya!

Mengenakan bra yang tepat, bukan yang ketat

Rasa nyeri yang timbul pada payudara sebagai akibat dari pemilihan bra yang salah, bisa jadi karena ukurannya yang tidak sesuai. Rasa nyeri juga bisa muncul karena Mam terlalu ketat mengenakan bra. Jangan mengetatkan pemakaian bra hanya karena ingin terlihat kencang. Hal ini bukanlah suatu hal yang tepat untuk dilakukan.

Bra yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan nyeri pada punggung dan dada. Untuk itulah, ukuran bra yang tepat bukanlah yang bisa menyangga dengan ketat, tetapi bagaimana bisa menyangga dengan tepat. Bra yang baik adalah yang membiarkan payudara memiliki ruang untuk bernapas.

Sesuaikan ukuran bra dengan payudara

Supaya Mam tidak salah pilih bra, mengetahui ukuran yang tepat bisa menjadi solusi. Bukan berarti dengan tidak memilih yang terlalu ketat, Mam harus memilih yang terlalu longgar. Pastikan bra yang Mam pilih bisa menempel pada payudara dan menyangganya dengan pas, karena jika bra longgar, itu akan memengaruhi bentuknya.

Mam bisa mengetahui apakah bra yang dipilih sudah tepat atau belum dengan cara mengukur lingkar dada dan cup-nya. Jika saat mengangkat tangan cup bra yang Mam kenakan bergeser atau keluar dari area, maka tandanya harus memilih ukuran yang lebih kecil. Jika cup bra menempel sangat ketat dan membuat sesak, maka Mam harus memilih ukuran yang lebih besar. Meski Mam sudah mengetahui ukuran dan cup bra, tidak ada salahnya untuk selalu mencobanya saat membeli. Hal ini karena beberapa brand memiliki sedikit perbedaan ukuran.

Cara memilih bra yang tepat

Agar tidak salah pilih bra, Mam bisa mempraktikkan beberapa cara berikut:

  • Menggunakan trik dua jari

Ketika Mam mencoba bra baru, coba selipkan dua jari ke bagian tengah bra. Jika masih ada celah untuk jari Mam tersebut, maka bra tersebut sudah pas dengan lingkar dada bagian bawah.

  • Mengukur cup

Untuk mengetahui apakah cup yang Mam pilih sudah sesuai, bisa diketahui dari adanya lipatan atau tidak pada bagian dada. Jika ada lipatan yang keluar dan sesak, maka ukuran bra tersebut terlalu kecil untuk Mam.

  • Menggerakkan dua tangan

Mam bisa mengangkat tangan ke atas atau melakukan gerakan lain untuk mengetahui apakah bra yang dipilih longgar atau tidak. Jika saat Mam menaikkan tangan payudara keluar dari cup dan pita pengait naik ke atas, itu tandanya Mam membutuhkan ukuran yang lebih kecil.

  • Mengecek lipatan lemak

Caranya adalah dengan melihat sisi-sisi pada bagian samping payudara. Jika ada lipatan yang muncul, maka bra yang dipilih terlalu kecil.

 

Nah, dengan cara di atas, semoga Mam tidak salah lagi ya dalam pilih bra sehingga tidak membahayakan kesehatan!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :