Rahasia Tomat untuk Kecantikan Wajah

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah ditemukan di sekitar. Mam tentu sering mendapati tomat dimana saja. Karena sifatnya yang mudah ditemukan inilah tomat jadi sering diremehkan. Padahal, tomat memiliki khasiat yang tidak kalah dengan sayuran lainnya lho. Yuk intip rahasia tomat di bawah ini:

Mengobati Jerawat

Tomat memiliki kandungan likopen tinggi. Likopen pada tomat berperan sebagai anti-oksidan yang aktif. Senyawa anti-oksidan telah dikenal luas dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

Selain itu, tomat mengandung salicylic acid. Mam mungkin sering menemukan zat ini pada produk-produk anti jerawat. Salicylic acid sering dimasukkan dalam produk jerawat karena dapat membersihkan dan mengeksfoliasi racun dan bakteri dalam pori-pori. Selain itu jenis asam yang satu ini dapat menyeimbangkan kadar pH.

Mengecilkan Pori

Masalah kulit lainnya adalah pori-pori yang besar sehingga memudahkan kotoran dan racun untuk terserap ke dalam kulit. Jika kotoran dan racun mudah terserap pada kulit maka jerawat dan masalah kulit lainnya juga akan mudah muncul. Untuk itu, Mam perlu memperhatikan juga kesehatan pori kulit.

Tomat mengandung vitamin A, C, K, E, B1, B2, B3, dan B6, yang dapat mengecilkan pori-pori. Mam bisa mengombinasikan tomat dengan mentimun untuk memperoleh hasil maksimal. Kombinasi tersebut diaplikasikan pada wajah sebagai masker dan dibilas setelah mongering.

Mengurangi Minyak

Salicylic acid yang terkandung dalam tomat tidak hanya berfungsi membersihkan kotoran, tapi juga dapat mengikat minyak berlebih pada wajah. Selain itu, Glikemik Indeks (GI) tomat rendah sehingga tidak menyebabkan produksi lemak dan minyak berlebih pada wajah. Untuk menikmati khasiat ini Mam bisa mencampurkan tomat dengan air lemon. 

Menyegarkan Wajah

Jika Mam memiliki tipe kulit berminyak, pasti kulit akan sering terasa lengket dan tidak segar. Saat wajah tidak segar maka wajah akan terlihat kusam. Untuk mengatasi itu, Mam tidak memerlukan perawatan kulit yang rumit, tomat bisa menjadi solusinya.

Caranya mudah, Mam cukup menghaluskan tomat dan campurkan dengan jus mentimun. Aplikasikan pada wajah dengan kapas setiap hari. Kombinasi ini akan menyegarkan wajah Mam dan menghilangkan minyak berlebih.

Menghilangkan Blackhead

Komedo jenis blackhead adalah masalah wajah yang sering dijumpai. Komedo ini sangat mudah muncul pada permukaan kulit dan menghilangkannya bukan perkara mudah. Tetapi ternyata tomat juga memiliki rahasia untuk mengatasi komedo ini.

Mam bisa mengombinasikan tomat dengan oatmeal dan air perasan lemon sebagai treatment untuk blackhead. Blender ketiga bahan hingga merata, baurkan pada wajah, dan diamkan selama 20-30 menit. Pasta ini akan mengangkat kotoran yang menyumbat pori dan menyebabkan blackhead.

Sudahkah Mam mencoba tomat untuk wajah?

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :