Seberapa Sering Mam Harus Mencuci Botol Minum?

Mencuci botol minum, botol minum Photo Credit: Pexels

Untuk memastikan kesehatan buah hati, banyak hal yang harus Mam perhatikan. Tidak hanya soal makanan, Mam juga harus memerhatikan perangkat makan yang digunakannya, termasuk botol minuman. Botol minum yang bersih dapat membuat buah hati lebih nyaman dan terjamin kesehatannya. Lantas, seberapa sering sih sebenarnya Mam harus mencuci botol minum Si Kecil? Simak informasinya di bawah ini, ya!

Botol minum mengandung banyak bakteri

Mungkin botol minum Mam terlihat bersih-bersih saja. Namun, bukan berarti boleh tidak mencucinya. Nyatanya, ada banyak bakteri yang bersarang di dalam botol minum, lho. Hal tersebut juga sudah dibuktikan melalui studi dalam Journal of Exercise Physiology Online. Meskipun kebanyakan botol minum yang dijual di pasaran nampak bersih, namun bukan berarti botol minum tersebut cukup bersih untuk langsung digunakan.

Terdapat sekitar 83% botol yang terbukti terkontaminasi oleh bakteri Staphylococus aureus dan E.coli dari 30 sampel botol minum anggota gym yang diambil para peneliti. Centers for Disease Control (CDC) menyebut bahwa bakteri Staphylococus aureus yang masuk ke dalam tubuh tidak berbahaya selama tidak melewati ambang batas. Namun, mam tetap harus berhati-hati karena kebanyak bakteri E.coli bisa menjadi penyebab timbulnya diare.

Sebaiknya cuci botol minum setiap hari

Untuk memastikan bahwa botol minum tetap bersih dan aman digunakan, sebaiknya Mam rutin mencuci botol minum setiap hari. Bakteri dapat masuk ke dalam botol minum melalui dua cara, yakini kondisi tangan yang kotor dan kesalahan saat mencuci botol minum. Mulut yang menyentuh bibir botol juga bisa jadi jalan masuknya bakteri ke dalam botol, jadi mencucinya setiap hari penting dilakukan. Mencuci botol minum setiap hari membuatnya tetap bersih, higienis, dan bebas bau.

Bersihkan botol minum dengan benar

Mam harus membersihkan botol minum dengan benar agar botol minum bersih sempurna. Sikatlah seluruh bagian botol, mulai dari ujung botol tempat menempelkan bibir, bagian luar serta dalam botol, dan jangan lupa cuci pula tutup botol minumnya. Kemudian, Mam bisa membilasnya hingga bersih menggunakan air mengalir. Pastikan juga tidak ada lagi sisa-sisa sabun yang menempel pada botol minum. Jangan lupa untuk mencuci tangan Mam hingga ke sela-sela kuku sebelum menyentuh botol minum agar mencegah kontaminasi bakteri yang memicu penyakit.

Rebus botol minum jika perlu

Untuk memastikan kebersihan botol, Mam juga bisa mempertimbangkan untuk merebus botol minum. Suhu air yang tinggi tidak memungkinkan kuman untuk tetap hidup di botol minum, Mam. Jadi, Mam bisa merebus atau merendam botol minum dengan suhu air tinggi untuk menjamin kebersihannya secara maksimal. Mam bisa menggunakan metode ini untuk membunuh kuman berbahaya. Jadi, kebersihkan botol minum akan lebih terjaga.

 

Mulai sekarang, Mam harus rajin mencuci botol minum Si Kecil setiap hari dengan memerhatikan berbagai hal di atas, ya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :