Suka Bermain Gadget? Inilah Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Saat ini banyak orang yang tak bisa lepas dari gadget. Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi, komunikasi dan hiburan menatap layar gadget berjam-jam  seakan sudah menjadi hal biasa. Hal ini membuat mata terpapar cahaya yang sangat terang dan radiasinya akan mempengaruhi kesehatan mata. Suka bermain gadget? Inilah cara untuk menjaga kesehatan mata

Banyak berkedip

Mengedipkan mata merupakan hal yang penting agar mata tidak kering ketika fokus menatap layara gadget. Biasanya bila berkonsentrasi menggunakan gadget, refleks berkedip akan jadi berkurang. Jangan biarkan mata terus terbuka dalam waktu yang lama sehingga menjadi kering dan tidak nyaman. Lakukan peregangan atau pengedipan mata karena mata yang kering akan mudah terjadi iritasi. Praktik metode 20-20-20 yaitu jauhkan pandangan dari layar komputer setiap 20 menit sekali dengan jarak 20 kaki selama 20 menit.

Atur pencahayaan

Atur pencahayaan layar gadget dengan baik bila menggunakan gadget dalam jangka waktu yang lama. Kurangi kekuatan cahaya dan gunakan cahaya yang cukup bagi mata. Jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap agar mata tidak mudah lelah saat menatap gadget. Tambah font huruf dan beri jarak yang cukup. Sesuaikan juga pencahayaan dengan kondisi ruangan. Usahakan jarak layar gadget dan mata tidak terlalu dekat.

Jeda istirahat

Menatap layar gadget membuat mata harus terus menerus mengatur fokus sepanjang waktu dan membuat otot mata bergerak maju dan mundur.  Layar perangkat digital relatif berbahaya karena memancarkan sinar yang menyilaukan, kontras dan gerakan cahaya yang tidak stabil. Oleh karena itu, beri waktu jeda saat menatap layar gadget dalam waktu yang lama. Istirahatkan mata paling tidak 15-20 menit sehari. Periksa kesehatan mata ke dokter secara rutin agar bila terjadi masalah pada mata dapat dideteksi lebih dini sehingga lebih mudah untuk disembuhkan.

Perhatikan kebersihan mata

Jaga kebersihan mata secara rutin. Jangan memegang atau mengucek mata bila tangan kotor atau belum mencuci tangan setelah menyentuh gadget. Tangan yang tak bersih akan menimbulkan banyak risiko untuk kesehatan mata. Hal ini berguna untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri masuk ke dalam mata. Hindari pula menatap gadget dalam posisi berbaring. Imbangi dengan makan makanan yang sehat untuk mata seperti wortel dan perbanyak minum air putih.

Batasi penggunaan gadget

Penggunaan gadget sebaiknya jangan terlalu lama. Batasi dengan waktu maksimal tidak lebih dari 4 jam dalam menatap layar. Selingi dengan aktivitas lain untuk mencegah terjadinya gangguan pada mata. Usahakan agar posisi gadget lebih rendah dari posisi mata dan membentuk sudut 15 derajat. Hindari menggunakan gadget di tempat yang gelap atau dalam ruangan yang pencahayaannya kurang.

Merawat kesehatan mata sangat penting karena bila tidak dijaga akan dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan. Bermain gadget sah-sah saja asal tetap dibatasi waktunya dan atur jaraknya dari mata. Bila mata menunjukkan gejala-gejala yang membutuhkan penanganan medis, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ya Mam. Semoga bermanfaat!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :