Waspada, Inilah 7 Tanda Kanker Serviks yang Harus Mam Tahu

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum perempuan. Tidak hanya membahayakan kandungan, kanker serviks juga dapat mengancam nyawa lho, mam. Oleh karena itu, mam tentu saja harus mengetahui tanda-tanda kanker serviks untuk dapat mencegahnya. Apalagi kanker serviks memiliki perkembangan yang cenderung sangat cepat. Berikut 7 tanda kanker serviks yang harus mam ketahui!

Pelvis terasa nyeri bukan saat masa menstruasi

Pelvis yang terasa nyeri saat menstruasi merupakan kondisi normal, namun rasa nyeri pada pelvis yang timbuk bukan saat masa menstruasi perlu mam khawatirkan. Rasa nyeri di panggul yang biasanya merujuk pada bagian bawah perut ini harus diwaspadai ketika sakitnya sangat tidak nayam dalam waktu tertentu. Apabila mam merasakan rasa sakit yang terus-menerus dan sering pada pelvis, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Mengalami penurunan berat badan dan mudah kelelahan

Memang, kedua tanda ini bukan berarti mam positif mengalami kanker serviks. Penurunan berat barat serta kondisi mudah lelah mungkin saja disebabkan oleh alasan lain, namun mam harus waspada ketika kedua tanda mam alami sekaligus. Kanker, apa pun jenisnya, cenderung menyerang sistem imun dan kekebalan tubuh terlebih dahulu sehingga harus sangat mam perhatikan.

Muncul rasa sakit di punggung yang berlebihan

Rasa sakit punggung yang berlebihan sering disepelekan oleh wanita. Padahal, rasa sakit punggung merupakan salah satu tanda awal kanker serviks lho, mam. Rasa sakit di punggung harus diwaspadai terutama ketika muncul bukan dalam masa menstruasi. Mengalami sakit punggung yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya bisa menjadi salah satu indikasi seseorang mengalami kanker serviks.

Tidak nyaman hingga timbul rasa sakit saat berhubungan sex

Penderita kanker serviks tidak akan pernah bisa merasa nyaman saat melakukan hubungan sex. Oleh karena itu, bila mam mulai merasakan rasa sakit saat berhubungan intim dan rasa sakit tersebut selalu muncul, segeralah lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya.

Berkurangnya sel darah merah dalam jumlah signifikan

Anemia atau kurangnya sel darah merah merupakan kondisi umum yang bisa diatasi dengan suplemen dan konsumsi makanan sehat. Namun ketika mam mengalami pengurangan sel darah merah signifikan yang diikuti dengan perasaan lelah hingga kehilangan nafsu makan, maka kondisi ini harus diwaspadai. Lakukanlah pemeriksaan segera dan minta dokter untuk melakukan pemeriksaan kanker serviks. Hal ini karena anemia seringkali menjadi peringatan utama kanker telah berkembang.

Mengalami pendarahan yang tidak teratur

Kondisi ini merupakan tanda yang paling umum dan sering pula diabaikan. Padahal pendarahan yang tidak teratur bila disertai dengan pendarahan saat berhubungan intim dapat menjadi pertanda kanker serviks. Pendarahan dalam siklus yang tidak menentu selama berbulan-bulan dan rasa sakit saat buang air kecil juga harus diperhatikan. Begitu pula dengan pendarahan menstruasi yang lebih panjang dan lebih berat dari biasanya.

Kaki membengkak dan terasa nyeri

Apabila kanker serviks sudah mulai berkembang, aliran darah ke kaki dapat tersumbat hingga menyebabkan kaki membengkak dan munculnya rasa nyeri. Rasa nyeri di kaki bahkan bisa datang saat disentuh dengan lembut sekalipun. Sebagai salah satu tanda yang terjadi pada tahap awal penderita kanker serviks, kondisi ini harus sangat mam perhatikan.

Itulah beberapa tanda kanker serviks yang harus mam ketahui. Jika mam pernah atau sedang mengalami salah satu tanda di atas, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan secepatnya, ya. Semoga bermanfaat!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :