Yuk, Ajak Si Kecil untuk Olahraga

Photo Credit: Pexels

Pola hidup sehat merupakan kunci untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Supaya tubuh bisa tetap bugar, pola hidup sehat harus diajarkan sedari dini pada anak-anak. Salah satu pola hidup sehat adalah dengan berolahraga. Yuk Mam, Ajak Si Kecil untuk berolahraga supaya fisiknya tetap sehat nantinya!

Peregangan

Tubuh anak-anak belum terbentuk dengan sempurna, masih ada ruang untuk terus berkembang hingga mereka menginjak usia dewasa. Untuk memaksimalkan perkembangan tubuh Si Kecil, peregangan atau stretching merupakan jenis olahraga yang baik. Peregangan akan membantu otot anak untuk tetap kuat dan lentur.

Selain itu, peregangan juga merupakan transisi yang baik sebelum dan setelah melakukan olahraga lain yang lebih berat (seperti berlari atau berenang). Melakukan peregangan ringan seperti merentangkan tangan dan menarik kaki akan mengurangi risiko terkena cidera, terutama cedera otot.

Berlari

Jenis olahraga ini merupakan yang paling murah sekaligus mudah dilakukan. Murah karena Anda cukup bermodalkan sepatu lari saja untuk berlari. Mudah karena dapat dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja, termasuk Si Kecil. Berlari akan melatih otot-otot tubuh Si Kecil sehingga baik untuk pertumbuhannya.

Anda bisa mencoba beragam variasi lari seperti lari estafet atau lari jarak pendek bersama anak. Luangkan waktu di pagi hari saat hari libur atau sore hari di saat anak dan Anda sedang senggang. Tidak perlu terlalu lama atau dalam jarak yang terlalu panjang, cukup berlari di sekitar rumah sudah menjadi olahraga yang baik untuk Si Kecil.

Melompat

Latihan fisik yang satu ini sangat mudah dilakukan di mana saja. Selain itu, anak-anak juga senang melakukannya. Melompat dapat meningkatkan kekuatan otot, melatih ketahanan kardiovaskular, dan menambah tinggi badan pada anak. Supaya kegiatan ini tidak membosankan, samarkan sebagai permainan.

Caranya, buat seolah-olah anak harus menghindari beberapa rintangan. Rintangan tersebut hanya dapat dihindari dengan cara melompat. Tidak perlu rintangan dengan peralatan yang rumit, Mam cukup menyediakan tali rafia yang direntangkan atau bangku-bangku kecil. Mam juga bisa meletakkan hadiah di tempat tinggi sehingga anak harus melompat.

Olahraga dengan Bola

Bola dapat digunakan untuk melatih daya genggam dan ketangkasan Si Kecil. Caranya cukup dengan latihan melempar dan menendang bola. Saat melempar dan menangkap bola, kekuatan genggaman anak akan terlatih. Dengan latihan menangkap bola, ia juga akan belajar untuk berkonsentrasi.

Olahraga untuk anak-anak berbeda dengan olahraga untuk orang dewasa. Olahraga untuk Si Kecil harus dirancang sedemikian rupa supaya terasa menyenangkan namun tetap bermanfaat untuk fisik mereka. Mam bisa mencoba beberapa jenis olahraga di atas bersama Si Kecil. Niscaya, tubuh sehat dan kuat Si Kecil bukan hanya angan-angan lagi.

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :