Yuk, Cari Tahu Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil Di Sini

Menjadi seorang ibu hamil terkadang serba salah, Mam pasti mendapatkan banyak sekali masukan. Mulai dari apa saja pantangan makanan untuk ibu hamil sampai hal apa saja yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Salah satu hal yang bakal sering direkomendasikan oleh Mam sebagai ibu hamil adalah sering makan sayur, khususnya bayam. Jika sebelumnya Mam tidak suka dengan bayam dan menganggap bahwa bayam ini tidak penting bagi ibu hamil, Mam harus mengubah anggapan tersebut.

Padahal sebaliknya, ternyata bayam mempunyai manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil. Entah Mam sekarang sedang hamil tua ataupun hamil muda, kandungan bayam yang terdiri dari vitamin, zat besi, dan juga mineral sangat baik untuk janin. Simak manfaat lengkapnya berikut ini.

Menghindarkan Mam dari anemia

Ketika Mam hamil, darah akan memompa lebih cepat daripada biasanya. Ini dikarenakan janin akan mulai berkembang dan membutuhkan asupan gizi yang cukup banyak. Jadi, ketika masuk ke trimester pertama, Mam akan sering merasa pusing ketika kekurangan darah. Untuk mengatasi hal ini, Mam membutuhkan kalsium dan zat besi pada bayam yang berguna dalam pembentukan sel darah merah.

Asam folat

Asam folat adalah salah satu kandungan yang sangat baik untuk perkembangan janin. Asam folat ini berfungsi untuk membantu perkembangan saraf yang ada di dalam tubuh bayi. Perkembangan saraf yang baik inilah yang akan mencegah bayi cacat ketika lahir. Jadi, lebih baik Mam mulai sekarang mengonsumsi bayam yang sangat baik untuk perkembangan saraf dan otaknya.

Menurunkan tekanan darah

Apakah Mam punya riwayat darah tinggi sebelumnya? Bisa jadi Mam terkena tekanan darah tinggi alias hipertensi. Salah satu risiko dari hipertensi adalah Mam akan cenderung lemas dan janin di dalam kandungan akan lahir dalam kondisi prematur. Untuk mengatasi hal ini, Mam bisa mengonsumsi sayuran bayam yang di dalamnya terdapat kandungan nitrat yang bisa menurunkan tekanan darah.

Mengurangi nyeri saat hamil

Khususnya saat trimester pertama, Mam akan merasa nyeri pada bagian punggung dan juga perut. Ini dikarenakan tubuh akan beradaptasi dengan adanya janin yang semakin membesar. Kondisi ini juga akan membuat tulang bergerak secara perlahan-lahan dan membuat nyeri. Untuk mengatasi nyeri ini, Mam bisa mengonsumsi bayam yang di dalamnya terdapat anti inflamasi dan glikopid yang mampu meredakan nyeri saat hamil.

Walaupun begitu, jangan sampai Mam terlalu banyak mengonsumsi bayam ya. Atur porsi bayam yang Mam makan, yaitu 2 kali seminggu. Jangan lupa imbangi dengan berolahraga juga, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :