Yuk, Mam, Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh!

Selain wajah cantik, memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan setiap wanita. Wanita yang memiliki tubuh ideal sering kali dijadikan inspirasi tentang bagaimana cara ia melakukan olahraga, diet, dan sebagainya. Namun, pernahkah Mam menyadari bahwa meskipun Mam telah melakukan instruksinya sedemikian rupa, bukan tubuh langsing ala idola yang dihasilkan? Ini adalah hal wajar. Perlu Mam ketahui bahwa setiap wanita memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, olahraga yang diperlukan untuk membangun tubuh yang ideal juga tidaklah sama. Secara garis besar, ada empat macam bentuk tubuh wanita. Berikut ini penjelasannya disertai dengan olahraga yang cocok.

Bentuk Tubuh Lurus

Wanita yang memiliki tubuh lurus cenderung tidak bermasalah dengan pemakaian gaya berbusana. Bentuk tubuh ini ditandai dengan tidak adanya lekukan tubuh. Jika berat badan bertambah, biasanya akan terlihat pada perut. Jika Mam memiliki bentuk tubuh seperti ini, maka harus diperlukan usaha lebih untuk menciptakan tubuh yang atletis. Olahraga yang pas untuk bentuk tubuh lurus adalah yang bisa menciptakan lekukan tubuh. Cobalah olahraga seperti sit up dan back up yang dapat mengencangkan otot perut sehingga perut terlihat lebih atletis. Untuk membentuk lekukan pada area bawah seperti pantat, lakukan olahraga angkat beban. Berolahragalah sedikitnya tiga kali dalam seminggu selama 30 menit.

Bentuk Tubuh Buah Pir

Bentuk tubuh seperti buah pir ini bisa Mam lihat pada Alicia Keys dan Jennifer Love Hewitt, dengan tubuh bagian bawah yang lebih curvy dan berisi daripada bagian atas. Para pemilik tubuh tipe ini cenderung lebih fokus untuk mengurangi timbunan lemak di daerah pantat dan paha, sehingga olahraga yang mereka lakukan biasanya seputar jogging dan lari. Selain jogging dan lari, berenang juga bisa mengencangkan otot paha. Tetapi inga,t Mam, bukan berarti Mam hanya perlu mengencangkan tubuh bagian bawah saja, ya. Lakukan juga olahraga untuk tubuh bagian atas agar tetap seimbang, tapi dengan porsi yang lebih kecil.

Bentuk Tubuh Atletis

Apakah Mam memiliki tubuh bagian atas yang cukup bidang dan berotot tetapi mengecil di bagian perut sepert Jessica Biel? Tubuh atletis memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan bentuk torso yang lurus menyerupai persegi. Biasanya, pemilik tubuh seperti ini mengalami kesulitan memilih baju renang yang pas karena baju tersebut pas di bagian bawah tetapi kurang muat untuk bagian atas yang lebih bidang. Bentuk tubuh yang sudah atletis seperti ini hanya perlu diseimbangkan bagian atas dan bawahnya saja. Untuk bagian bawah, lakukan latihan yang bisa mengencangkan otot perut sekitar pantat serta paha.

Bentuk Tubuh Curvy

Bentuk tubuh curvy memiliki lekukan yang menonjol di bagian atas dan bawah. Sebagai contohnya, Mam bisa melihat Beyonce atau Scarlet Johannson. Tidak seperti bentuk tubuh lurus yang cenderung menimbun lemak di perut ketika berta badan bertambah, bentuk tubuh yang satu ini akan mendistribusikan penambahan lemak secara merata jika berat badan mereka mulai bertambah. Kelemahan bentuk tubuh yang menyerupai jam pasir ini hanya satu, kurang berotot. Mam bisa melakukan latihan kardio dan beban bagus untuk membentuk otot pada tubuh yang curvy.

 

Jadi, yang mana bentuk tubuh Mam? Dengan melakukan olahraga yang sesuai bentuk tubuh, maka Mam bisa membentuk tubuh ideal seperti yang Mam inginkan. Namun, Mam harus ingat, olahraga yang baik juga harus diiringi dengan pemenuhan nutrisi yang oke. Meskipun Mam telah berolahraga, tetapi kurang menjaga pola makan (banyak mengonsumsi gula dan lemak), maka hasilnya akan kurang maksimal.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :