4 Manfaat Me Time untuk Ibu Hamil

Photo Credit: pexels

Di saat wanita masuk dalam masa kehamilan, segalanya akan berubah. Tidak hanya bentuk fisik tetapi juga pada hormon dan kejiwaan. Ini akan mengakibatkan Mam lebih rentan terkena penyakit dan gangguan lainnya. Sebagai pencegahan, Mam bisa menyisihkan sedikit waktu untuk melakukan me time. Yuk Mam, ketahui manfaat lain me time untuk ibu hamil.

Mencegah Stres

Pada saat masa kehamilan, Mam akan lebih rentan untuk merasa stres. Hal ini bukanlah sesuatu yang aneh. Meski begitu, terlalu sering merasa stress juga akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Gangguan pola tidur, nafsu makan menurun, sakit kepala, hingga hipertensi bisa timbul di saat Mam stres.

Melakukan me time dengan hang out bersama orang-orang terdekat mampu mencegah stres. Berkumpul dan bercakap-cakap dengan orang yang Mam percaya mampu memberikan rasa nyaman. Mereka akan memberikan dukungan moral yang selalu Mam butuhkan terutama pada masa kehamilan.  

Menjaga Pertumbuhan Janin

Kesehatan fisik dan mental ibu hamil sangat penting karena akan berpengaruh langsung pada janin. Untuk itu, menjaga kesehatan ibu hamil wajib hukumnya untuk dilakukan. Dengan ibu hamil yang sehat jiwa dan raganya maka bayi yang ada dalam kandungan juga akan terlahir dengan sehat.

Menjaga kesehatan fisik dan mental ibu hamil bisa dilakukan melalui me time. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan seperti spa atau ngemil makanan manis. Hal ini akan membuat produksi hormon endorfin dalam tubuh akan meningkat. Hormon ini bertugas untuk mengatur perasaan bahagia seseorang.

Mencegah Munculnya Stretchmarks

Me time bisa dilakukan dengan beberapa hal. Mam bisa melakukan me time dengan melakukan pemijatan pada seluruh tubuh. Selain bisa membuat tubuh terasa rileks, memijat tubuh juga memiliki manfaat lain. Dengan langkah yang tepat, memijat tubuh juga mampu mencegah munculnya stretchmarks.

Mam bisa mengoleskan minyak zaitun pada area yang rentan terkena stretchmarks. Minyak zaitun memiliki senyawa antioksidan yang dapat mencegah timbulnya kerutan pada kulit. Pijat kulit yang telah dibaluri minyak zaitun dengan lembut. Jangan memijat terlalu keras karena justru akan membuat aliran darah terhambat.

Menghindari Mood Swings

Di saat hamil, hormon estrogen dan progesteron yang ada pada tubuh wanita akan mengalami perubahan. Hal ini akan berpengaruh pada tingkat neurotransmitter yang bertugas untuk mengatur mood seseorang. Di saat tingkat neurotransmitter tidak stabil maka mood swings akan lebih mudah terjadi.

Untuk menghindari mood swings Mam bisa menyisihkan waktu untuk me time. Melakukan me time akan membuat tingkat neurotransmitter lebih stabil. Melakukan me time sepele seperti tidur atau menonton film akan membuat Mam terasa lebih rileks dan tidak mudah merasa lelah. Di saat kondisi neurotransmitter stabil maka mood swings bisa dihindari.

Dengan mengetahui beragam manfaat yang telah disebutkan di atas, jangan lewatkan me time selama masa kehamilan ya Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :