5 Cara Ini Terbukti secara Ilmiah Bisa Meningkatkan Kebahagiaan

Jika akhir-akhir ini Mam merasa kurang bahagia, entah itu karena banyaknya masalah yang dihadapi maupun kesibukan sehari-hari yang menyita waktu, Mam perlu mencoba beberapa cara untuk mengatasinya. Lima cara berikut ini cukup mudah untuk dilakukan dan secara ilmiah mampu meningkatkan kebahagiaan. Yuk, simak lebih lengkapnya di sini.

Tidur Cukup

Tidur adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan kebahagiaan. Mengapa demikian? Pada saat kita tidur, tubuh memperbaiki diri dan membangun kembali energi yang telah dipakai seharian penuh untuk bekerja. Oleh sebab itu pada saat kita bangun, kita akan merasa lebih segar sehingga pikiran pun akan bisa lebih fokus. Ini akan berimbas pada tingkat kebahagiaan Mam. Studi yang dilakukan oleh BPS Research Digest menunjukkan bahwa partisipan yang menyempatkan diri untuk tidur siang di tengah bekerja, lebih sedikit merasa khawatir dan tidak mudah marah, dibanding mereka yang tidak tidur sama sekali di siang hari.

Olahraga

Selain menyehatkan badan, olahraga juga bisa menurunkan tingkat depresi. Pada saat kita berolahraga, otak mengeluarkan hormon endorfin yang berfungsi untuk memberikan rasa bahagia. Penelitian pada buku Shawn Anchor yang berjudul The Happiness Advantage menunjukkan bahwa pasien penderita depresi yang melakukan meditasi dan olahraga, merasakan kebahagiaan yang meningkat dalam diri mereka. Oleh sebab itu, Mam perlu melakukan olahraga secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu.

Merencanakan Liburan

Pekerjaan yang penuh deadline membuat pikiran penat sehingga Mam perlu melakukan yang namanya liburan. Sebuah studi yang diterbitkan Applied Research in Quality of Life menunjukkan bahwa seseorang mulai merasakan puncak kebahagiaan justru pada saat tahap perencanaan liburan. Selain itu, di buku Shawn Anchor juga ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang berpikir untuk melihat film kesukaan mereka mengalami kenaikan endorfin sebanyak 27%.

Membantu Orang Lain

Cara ini mungkin belum pernah terpikirkan oleh Mam. Menolong orang lain ternyata juga dapat meningkatkan kebahagiaan. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 150 orang tentang ke mana uang mereka dibelanjakan. Mereka yang mengeluarkan uang untuk konser ataupun makan malam bersama teman merasa lebih bahagia daripada mereka yang menghabiskan uang untuk membeli sepatu, televisi, atau jam tangan mewah. Ini menunjukkan bahwa mengeluarkan uang untuk berbagi dengan orang lain juga bisa membuat kita bahagia.

Menghirup Udara Segar

Pergi berjalan-jalan ke taman dengan udara yang bersih bisa menyegarkan kembali pikiran yang sedang kalut. Sempatkan waktu sekitar dua puluh menit untuk memperbaiki mood Mam sehingga Mam bisa bekerja lebih fokus dan dengan perasaan senang. Oleh sebab itu, ketika akan berwisata pun, pilihlah wisata alam seperti mendaki gunung atau berlayar di pantai. Di sana, Mam akan merasakan udara segar yang jauh dari hiruk-pikuk kota yang penuh polusi, sehingga pikiran pun kembali tenang.

 

Cukup mudah, bukan, hal-hal yang bisa Mam lakukan untuk menyegarkan kembali pikiran? Rasa bahagia berawal dari pikiran dan mood yang baik. Oleh sebab itu, sebisa mungkin jaga diri kita agar terhindar dari depresi.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :